TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hutan dan Lahan Anreapi Kab Polewali Mandar Direhabilitasi

By 02 Nov 2016 15:16Kodam XIV Hassanudin
9.-Hutan-dan-Lahan-Anreapi-Kab-Polewali-Mandar-Direhabilitasi

Masyarakat Desa Kunyi Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat mulai melaksanakan rehabilitasi hutan bersama Kodim 1402/Polmas. Rabu (02/11/2016). Selain untuk mengembalikan kelestarian hutan, rehabilitasi hutan dan lahan tersebut juga untuk menyemangati seluruh masyarakat Desa Kunyi yang mengalami kebakaran hutan dan lahan Tahun 2015 Lalu.

Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) adalah upaya untuk memulihkan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan yang terbakar pada tahun 2015 lalu sehingga daya dukung, produktifitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan agar tetap terjaga.

Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra mengatakan, kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan ini merupakan upaya strategis memulihkan dan melestarikan sumber daya hutan yang pada bulan Oktober 2015 lalu hutan di Kecamatan Anreapi ini terbakar.

Kerusakan sumberdaya hutan karena terbakar mengakibatkan menurunnya kemampuan hutan dalam mendukung fungsi ekonomi, sosial dan ekologis. Indikasi kerusakan sumber daya hutan ini dapat dilihat dari menurunnya kualitas Daerah Aliran Sungai (DAS) dan semakin seringnya terjadi bencana alam berupa banjir, kekeringan, dan tanah longsor.

“Dalam rangka mengembalikan kondisi hutan agar mampu berfungsi secara optimal sekaligus untuk mengatasi perubahan iklim, maka diperlukan upaya mitigasi berupa kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di Kecamatan Anreapi ini”, ungkap Dandim.

Dandim menambahkan, Salah satu cara yang dilakukan bersama Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi barat adalah dengan penanaman pohon sengon yang diketahui memiliki nilai ekonomis jika sudah mencapai usia tertentu. Kegiatan ini tidak berakhir hanya pada penanaman saja, pemeliharaan sangatlah penting sebab perlakuan terhadap tanaman dan lingkungan dalam luasan dan ukuran waktu tertentu agar tanaman tumbuh sehat dan berkualitas sesuai dengan standar yang ditentukan.

Sementara itu Danramil 1402-01/Polewali Kapten Inf Abdul Halim didampingi Kades Kunyi Andri mengatakan, kegiatan rehabilitasi ini dilaksanakan bersama masyarakat Desa Kunyi dengan menanam pohon jenis sengon sebanyak 2000 Pohon yang terbagi lima lokasi di wilayah Desa Kunyi Kecamatan Anreapi ini.

“Hari ini kita bersama masyarakat menanam sekitar 2000 pohon yang terbagi dalam lima lokasi di wilayah Desa Kunyi, nantinya kita akan tambah lebih banyak lagi lokasi penanaman yang berbeda di wilayah Kecamatan Anreapi ini”, ungkapnya. (Pendam VII/WRB)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hutan dan Lahan Anreapi Kab Polewali Mandar Direhabilitasi