TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Indonesia Bersatu Dalam Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an

By 30 Nov 2016 14:20Dinas Penerangan
dsc_2087

Berbagai komponen Bangsa Indonesia secara serentak di seluruh Provinsi menggelar acara memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, di ibu kota sendiri  acara Nusantara Bersatu ini digelar di Silang Monumen Nasional (Monas), Rabu (30/11) pagi.

Lebih dari 50 ribu orang menghadiri acara yang digelar di Monas. Mereka terdiri dari  pelajar tingkat SMP sampai Universitas, tokoh lintas agama, budayawan, pejabat publik, musisi, artis, Forkopimda, Ormas dan Aparat keamanan. Seperti tampak hadir Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, Plt. Gubernur DKI Jakarta Sony Sumarsono, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berserta Staf Angkatan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Tokoh  Wanita Yeni Wahid dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Acara yang bertemakan “Nusantara Bersatu, Indonesia Milikku, Indonesia Milik Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika,” tersebut bertujuan untuk membuka wawasan seluruh rakyat Indonesia dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman yang ada. Acara tersebut juga sebagai sarana untuk mencegah terjadinya degradasi moral yang saat ini menjadi ancaman yang akan merusak tatanan kehidupan bangsa Indonesia yang Ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Semua peserta bersemangat mengikuti Acara Nusantara Bersatu, hal ini ditandai dengan penggunaan pita merah putih yang mengikat di kepala mereka secara serempak. Kebersamaan inilah yang memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat di Nusantara Indonesia untuk bersatu dalam perbedaan, walaupun berbeda-beda tetap dalam satu kesatuan Dwi Warna yakni merah putih.

Selain pembacaan orasi kebangsaan oleh sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, antara lain pertunjukan marching band dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, tarian reog Ponorogo, kesenian betawi dan Tari Salman. Tidak ketinggalan pembacaan puisi yang diiringi oleh lantunan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, dari Sambang sampai Merauke dan lain-lain. Serta beberapa lagu yang dibawakan oleh grup musik ternama yaitu Slank.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indonesia Bersatu Dalam Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an