Skip to main content
Berita Satuan

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI, Mencari Atlet Handal Menuju Asian Games 2018

Dibaca: 217 Oleh 02 Nov 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke- IV Tahun 2016 secara resmi dibuka oleh Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Stadion Atletik Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/11).

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke- IV Tahun 2016 adalah sebagai wujud kesadaran dan komitmen TNI dalam membangkitkan semangat cabang olahraga atletik di Indonesia. Sebagai prajurit TNI disamping melaksanakan tugas, juga diwajibkan untuk senantiasa memelihara kebugaran fisik serta kesehatan lahir dan batin.

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, Kejurnas Atletik ini merupakan sarana yang sangat baik dalam menjaring atlet-atlet yang handal dan sekaligus mendukung program pemerintah dalam peningkatan prestasi olahraga Atletik menuju pesta olahraga Asian Games tahun 2018. “Kepada para peserta diharapkan agar melaksanakan perlombaan secara fair play dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Baca juga:  Pelaksanaan Operasi Debridement dan Necrotomy Kepada Pasien Positif Covid-19 di RS Lapangan RSPAD⁣⁣

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, tingkat kesiapan seorang atlet merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan prestasi terbaik dalam setiap perlombaan yang dihadapi, mulai dari kesiapan teknik, taktis, strategi dan fisik maupun psikologis.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI memerintahkan kepada para Kepala Staf Angkatan atau yang mewakili dan para Pembina olahraga atletik di seluruh Indonesia untuk tetap membina terus atlet-atlet yang berprestasi, karena pembinaan harus terus-menerus dilakukan agar prestasi atlet dapat meningkat dan mencapai prestasi terbaik serta jadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan.

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke-IV Tahun 2016 diikuti oleh 379 orang atlet (243 putra dan 136 putri) terdiri dari Kontingen TNI 56 atlet (38 orang PAAD, 9 orang PAAL dan 9 orang PAAU), Kontingen Kotama 111 orang atlet, Kontingen Gabungan Pengurus Provinsi 56 orang atlet, Kontingen Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan Latihan Mahasiswa (PPLM) 109 orang atlet serta Kontingen Gabungan Pengurus Cabang 47 orang atlet. Pada Kejurnas Atletik ini juga melibatkan 37 orang official, 165 orang wasit dan juri serta 115 orang Pendukung.

Baca juga:  Dislitbangad Uji Coba Gunshot Detection System

Adapun Materi lomba sebagai berikut: Lari untuk putra dan putri 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 5000 meter, 10.000 meter, Estafet 4 x 100 meter, 4 x 400 meter, Lompat Jauh putra putri, Lompat Jangkit putra putri, Lempar Lembing, Tolak Peluru, lari 3000 meter Halang Rintang putra putri, lari 110 meter gawang putra, lari 100 meter gawang putri, serta lari 400 gawang putra dan putri.

Juara yang diperebutkan yaitu juara I, II, dan III di masing-masing Nomor Putra dan Putri serta Juara Umum. Medali yang diperebutkan sejumlah 132 medali terdiri dari Perorangan 28 Emas, 28 Perak, dan 28 Perunggu serta Beregu Estafet putra putri 16 Emas, 16 Perak, 16 Perunggu. Hadiah Nomor Perorangan Emas 3 juta, Perak 2 juta, Perunggu 1 juta dan untuk Beregu Estafet Emas 6 juta, Perak 4 juta dan Perunggu 3 juta.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bayu P., Wadan Sesko TNI Marsda TNI Asnam Mukidir, Pangdam III/Slw Mayjen TNI M. Herindra, Kapolda Jabar Irjen Polisi Bambang Wasito, Pengurus KONI Pusat Laksda TNI (Purn) dan pejabat Mabes TNI dan Angkatan.

Baca juga:  Brigif 19/Khatulistiwa Antisipasi DBD

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel