Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Kelas Inspirasi, TNI di Merauke Bangun Karakter Muda Bangsa Yang Cinta NKRI

Dibaca: 158 Oleh 15 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 1707/Merauke melalui Parwira Seksi Operasi Kodim 1707/Merauke Kapten Czi Stevi G. Titiheru memberikan materi pengenalan tentang profesi sebagai aparat TNI kepada siswa dan siswi Sekolah Dasar Inpres Kampung Baru Distrik Rimba Jaya Kabupaten Merauke, Sabtu (12/11).

Dalam materinya, Kapten Czi Stevi G. Titiheru menjelaskan tentang tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Selain itu TNI juga berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara yang berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dan penindak terhadap setiap bentuk ancaman serta pemulih kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Kapten Stevi juga menerangkan tentang jati diri TNI yang meliputi TNI sebagai tentara rakyat, TNI sebagai tentara pejuang dan TNI sebagai tentara Nasional serta TNI sebagai tentara profesional.

Baca juga:  DANDIM 1704/SORONG BERSAMA MUSPIDA KOTA SORONG GELAR TATAP MUKA DENGAN ELEMEN MASYARAKAT

“Dengan pemberian materi tentang pengenalan profesi sebagai TNI kepada para siswa–siswi SD, diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara serta TNI sehingga timbul keinginan untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara dengan menjadi anggota TNI,” ucap Kapten Stevi.

Kegiatan Kelas Inspirasi Merauke yang merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan di Kota Merauke secara serantak pada 10 (sepuluh) Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Merauke.

Kelas Inspirasi merupakan gerakan sosial yang mengajak kalangan profesional untuk terlibat dalam pengembangan pendidikan. Di kelas inspirasi, profesional muda mendapatkan kesempatan mengajar satu hari. Mereka mengajar untuk berbagai mengenai aktivitas mereka sehari-hari sekaligus memperkenalkan beragam profesi kepada anak-anak SD. Hingga saat ini, kegiatan Kelas Inspirasi telah dilaksanakan di lebih dari 90 kota dan Kabupaten di Indonesia dan melibatkan tidak kurang dari 15.000 orang relawan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel