TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontingen Kodam XVI/Pattimura Juarai Lomba Ilmu Medan.

By 27 Nov 2016 07:12Ton Tangkas
whatsapp-image-2016-11-26-at-23-18-58

Kontingen Peleton tangkas Kodam XVI/Pattimura menjuarai materi lomba Ilmu medan pada lomba Peleton tangkas periode II tahun 2016 yang dilaksanakan pada hari Sabtu (26/11) bertempat di daerah Sari Mukti Cimangsud Cipatat, Jawa Barat.

Lomba Peleton tangkas periode II tahun 2016 yang digelar di pusat pendidikan Infanteri Angkatan Darat memasuki hari ketiga lomba. Materi lomba yang dipertandingkan pada hari ketiga ini adalah aplikasi Ilmu medan dengan jarak tempuh delapan kilometer diikuti 15 kontingen peserta lomba.

Peroleh nilai tertinggi oleh Kodam XVI/Pattimura berdasarkan hasil nilai gabungan dari materi teori ilmu medan dan nilai dan waktu tempuh dan ketepatan aplikasi ilmu medan. Perolehan nilai tertinggi tiga kontingan berturut-turut Kodam VII/Wirabuana dengan nilai akhir 968,0, diikuti di tempat kedua Kontingen Kodam III/Siliwangi dengan raihan total nilai 967,4 dan posisi ketiga diraih Kodam VII/Wirabuana dengan total nilai 928,6.

Mekanisme lomba aplikasi ilmu medan diawali pemeriksaan kesehatan seluruh peserta lomba dilanjutkan dengan pengundian nomor urut keberangkatan masing-masing kontingen. Usai pengundian, kontingen yang mendapat giliran melaksanakan lomba mendapatkan persoalan menentukan koordinat dan mencari sasaran dari hasil perhitungan koordinat.

Dipimpin oleh Komandan Batalyon dari masing-masing kontingen, dengan semangat juang dan berlomba tinggi, para peserta lomba mengerahkan seluruh kemampuan fisik terbaiknya mencapai sasaran hingga garis finis untuk mendapatkan waktu terbaik dari lima jam batas waktu yang ditentukan oleh panitia lomba.

Aplikasi ilmu medan ini adalah salah satu materi lomba dalam lomba peleton tangkas yang bukan hanya mengandalkan kemampuan fisik yang prima tetapi juga pengetahuan navigasi darat dalam menghitung dan menentukan koordinat serta membaca tanda-tanda medan pada peta.

Dengan kondisi medan yang bervariasi melintasi jalan perkampungan, jalan-jalan yang terjal dan berlumpur, perbukitan dan menyeberangi sungai, para peserta dengan semangat tinggi mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki.

Hari keempat lomba peleton tangkas periode II tahun 2016 pada hari minggu besok memperlombakan materi lintas medan yang akan dilaksanakan di daerah Cipatat Komplek. (ded/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Kodam XVI/Pattimura Juarai Lomba Ilmu Medan.