TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 16/Pacet Bantu Pemulihan Pasca Bencana Tanah Longsor

By 14 Nov 2016 15:05Kodam V/Brawijaya
3.-Koramil-0815-Pacet-Bersama-Relawan-Dibantu-Pelajar-Bersihkan-Material-Longsor

Dalam upaya membantu pemulihan kondisi pasca terjadinya longsor di Jalan Raya Dusun Made Desa Pacet Kec. Pacet Kab. Mojokerto, Koramil 16/Pacet bersinergi dengan Dinas Bina Marga, Relawan Tagana dan Pelajar SMK 45 Pacet, melaksanakan pembersihan materil longsoran secara gotong-royong di lokasi, pada Jumat (11/11/2016) pukul 07.00 WIB.

Menurut keterangan Danramil 16/Pacet Kapten Inf Desto Jumeno, terjadinya tanah longsor di samping SMK 45 dari ketinggian 6 meter dan lebar 7 meter itu berawal berawal dari hujan dengan intensitas sedang, yang mengguyur wilayah Pacet pada Kamis malam (10/10/2016) sampai dengan Jumat dini hari (11/11/2016) pukul 04.00 WIB.

Selain itu penyebab longsor juga dikarenakan kondisi tebing yang belum diberi Tanggul Penahan Tebing (TPT) bekas pelebaran jalan penghubung antara wilayah Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas. Hal ini sangat rentan longsor bila hujan deras.

Ditambahkan oleh Bati Tuud Koramil 16/Pacet Pelda Suparjo, bahwa Danramil sudah koordinasi dengan Muspika Kec. Pacet guna penanganan kejadian longsor. Dan demi keamanan/keselamatan warga SMK, telah menghimbau pihak SMK 45 untuk sementara waktu tidak menggunakan bangunan yang terletak di pinggir tebing untuk kegiatan belajar mengajar karena rawan terjadinya longsor susulan.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian longsor di wilayah Pacet namun skalanya kecil dan tidak ada korban jiwa. Dalam kejadian tersebut hanya materil longsoran menutup sebagian badan jalan tetapi tidak mengganggu arus lalu lintas jalan. Pihaknya akan menyarankan ke Pemkab Mojokerto atau Dinas PU Bina Marga untuk membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) di lokasi tersebut karena dikhawatirkan akan ada longsor susulan yang berdampak bangunan SMK 45 yang berada di pinggir tebing ikut longsor.

Turut serta dalam pembersihan materil longsoran anggota Koramil 16/Pacet sebanyak delapan orang, Dinas PU Bina Marga 10 orang, Perangkat Desa Pacet empat orang, Relawan Tagana 10 orang, Warga Masyarakat delapan orang dan Pramuka/Pelajar 20 siswa. Selama kegiatan berlangsung dengan tertib dan aman. (Penrem 082)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 16/Pacet Bantu Pemulihan Pasca Bencana Tanah Longsor