TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Simulasi Tempur Komputer, Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI

By 18 Nov 2016 16:18Berita Satuan
11

Kepala Seksi Logistik Korem 043/Gatam Letkol Inf Rustanto Eko Susilo, mewakili Komandan Korem 043/Gatam menutup Latihan Posko 1 Simulasi Tempur (Simpur) Komputer Batalyon 143/TWEJ, bertempat di Aula Makoyonif Batalyon 143/TWEJ Candi Mas, Natar Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (17/11). Acara tersebut dihadiri oleh Tim Pusimpur Kodiklat TNI-AD dibawah pimpinan Mayor Chb Harsito, Perwira Seksi Latihan Operasi beserta Staf Korem 043/Gatam, para peserta dan pelaku latihan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan latihan tersebut adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf, Komandan Satuan Bawah serta Komandan Satuan Perkuatan dalam merencanakan suatu operasi. Seperti dalam hal keterpaduan, kerjasama, koordinasi, taktik dan teknik serta olah yudha.

Selain itu juga, latihan tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan semua kemampuan satuan yang dimiliki sesuai prosedur dengan tata cara kerja yang berlaku, serta kemampuan komando dan pengendalian operasi komandan yang diaplikasikan menggunakan fasilitas Simulasi Tempur (Simpur) Komputer berbasis teknologi.

Danrem 043/Gatam dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Seksi Logistik Korem 043/Gatam Letkol Inf Rustanto Eko Susilo, menyampaikan bahwa latihan yang berlangsung selama tiga hari ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, karena seluruh teori berdasarkan referensi telah dapat disimulasikan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut Danrem mengingatkan, keberhasilan pelaksanaan latihan bukan diukur melalui mekanisme latihan, melainkan harus diukur dari bagaimana pelaksanaan latihan posko Simpur. Seperti sejauhmana peserta latihan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf, dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui. baik saat prosedur hubungan komandan dan staf maupun pada saat pengendalian operasi berlangsung.
Diakhir amanatnya Danrem menekankan tentang pentingnya evaluasi disetiap latihan yang diselenggarakan, hal ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana kemampuan, apa saja kelemahan dan kekurangan untuk selanjutnya mengambil langkah-langkah penyempurnaan dalam latihan-latihan yang akan datang. (Penrem 043/Gatam).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Simulasi Tempur Komputer, Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI