TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Melalui Outbond, TNI Di Perbatasan Kobarkan Semangat Generasi Muda Papua

By 11 Nov 2016 16:20Kodam XVII/Cenderawasih
8

Satuan Tugas (Satgas) Yonif Mekanis 516/CY kobarkan semangat generasi muda Papua melalui Outbond dalam kegiatan Raimuna Daerah V Papua yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Tamne Yisan Kifase Kabupaten Keerom Papua, Kamis (10/11).

Kegiatan Raimuna Daerah V Papua diselenggarakan di Bumi Perkemahan Tamne Yisan Kifase, dari tanggal 9 – 15 November 2016 diikuti sekitar 14 kontingen dari beberapa Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua dengan jumlah peserta 502 orang. Selama tujuh hari para peserta Raimuna ditempa mental dan fisik dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah kegiatan Outbond yang dilaksanakan pada tanggal 10 -11 November 2016.

Kegiatan Outbond dalam Raimuna Daerah V Papua merupakan gagasan dari Satgas Yonif Mekanis 516/CY untuk turut memeriahkan rangkaian kegiatan Raimuna dalam rangka menumbuhkan dan mengobarkan semangat generasi muda yang memiliki karakter, membangun watak yang kuat dan kepribadian yang tangguh. Diharapkan melalui kegiatan ini para pemuda dapat menatap masa depan yang lebih baik sebagai kader bangsa dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan Outbond yang dipandu oleh Sertu Alif Sabila dan tim pelatih dari Satgas Yonif Mekanis 516/CY diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan menantang, meliputi pengetahuan bela Negara. Selain itu juga diisi permainan pipa air, mengenali suara teman, halang rintang, jaring pendarat, dan rayapan tali satu serta jembatan tali dua. Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan diacak dari berbagai kontingen agar antar peserta dari berbagai daerah bisa saling mengenal.

Walau cuaca yang sangat panas dan terik tidak mengurangi semangat dan kegembiraan para peserta Raimuna Daerah V Papua dalam mengikuti rangkaian kegiatan Outbond. Hal ini terlihat dari antusias para peserta yang tidak kenal lelah dan selalu gembira dalam mengikuti perintah dari para pelatih. Dengan tidak malu-malu, para peserta menyamar muka ala tentara, mereka saling bantu antar rekan. Setelah mekanisme kegiatan dijelaskan oleh Sertu Alif, masing-masing kelompok menuju pos masing-masing sesuai undian.
Para peserta dengan penuh semangat dan antusias mencoba rintangan demi rintangan yang diberikan pelatih. Materi yang paling berat dan menantang menurut peserta adalah materi rayapan tali satu, karena apabila gagal peserta akan masuk kolam air yang ada dibawahnya.

Elvi Wendik, Siswi SMAK 2 Jayapura salah satu peserta Raimuna Daerah V Papua perwakilan dari Kontingen Jayapura mengungkapkan perasaan senang dengan kegiatan Outbond yang diselenggarakan oleh prajurit dari Yonif Mekanis 516/CY.

“Banyak materi baru yang diberikan oleh Kakak-kakak tentara dan tentunya menjadi pengalaman baru bagi kami, semoga pengalaman ini juga bisa diterima oleh adik-adik Pramuka lain di Papua. Selain itu, Kakak-kakak tentara juga sangat tegas dalam memberikan setiap perintah kepada kami, sehingga mental kami memang benar-benar diuji” , ungkap Elvi.

Kegembiraan para peserta Raimuna juga dirasakan oleh Karel yang merupakan perwakilan pembina Pramuka dari kontingen Kabupaten Asmat, Papua.

“Kami sangat senang dan gembira, sampai-sampai pembina kamipun ingin ikut dalam kegiatan tersebut. Materi yang diberikan oleh Kakak-kakak tentara sangat inovatif, terutama materi permainan pipa air, materi ini akan kami berikan kepada adik-adik Pramuka kami nantinya di Kabupaten Asmat”, ungkap Karel.

Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si turut hadir dalam kegiatan tersebut hingga usai kegiatan.

“Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kami Satgas Yonif Mekanis 516/CY diberikan kepercayaan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Raimuna Daerah V Papua. Kami selalu bersemangat untuk membina generasi muda Indonesia khususnya generasi muda Papua. Kami berharap generasi muda kita memiliki karakter yang kuat, tidak mudah menyerah dan memiliki kepribadian yang tangguh sehingga bisa menghadapi tantangan zaman yang semakin maju dan modern, ujar Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui Outbond, TNI Di Perbatasan Kobarkan Semangat Generasi Muda Papua