TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman, Bangkitkan Patriotisme Pemuda

By 10 Nov 2016 15:17Kodam V/Brawijaya
8

Untuk mengenang jasa dan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Piek Budyakto memberi motivasi kepada para peserta dan pembawa replika tandu Panglima Besar Jenderal Soedirman yang telah memasuki estafet terakhir di Pacitan, Rabu(9/11/16).

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan serah terima dan pemberangkatan replika tandu Pangsar Jenderal Soedirman serta penanda tanganan naskah serah terima Peleton inti napak tilas yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto.

Setelah menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama empat hari, peserta melanjutkan perjalanannya menuju finish di Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan. Replika tandu Jenderal soedirman dibawa oleh peserta napak tilas menempuh jarak 97 kilometer.

Untuk menambah semangat para peserta napak tilas, Danrem pun ikut berjalan kaki bersama rombongan mulai dari Desa Klepu Kecamatan Sudimoro menuju garis akhir di Monumen Pangsar Soedirman Desa Pakis Baru Kecamata Nawangan Kabupaten Pacitan.

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto mengatakan, napak tilas ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. “Semoga kegiatan ini menginspirasi generasi muda untuk berlomba menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing,”katanya.

Danrem menuturkan, kegiatan ini semoga dapat memupuk rasa patriotisme atas perjuangan Pangsar Jenderal Soedirman yang tidak pantang menyerah mengusir penjajah dari negara Indonesia demi mempertahankan kemerdekaan, dapat diwujudnya dalam kehidupan kita.

Acara serah terima dan pemberangkatan replika tandu Panglima Besar Jenderal Soedirman turut dihadiri Ketua umum Yayasan Jenderal Soedirman Ir.Drs. H. Budiakso, Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM, Ketua DPRD Pacitan Rony Wahyono, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Yudhi Diliyanto, Kasiter Rem 08l/DSJ Letkol Inf Sudiatna, Dantim Intelrem 081/DSJ Kapten Inf Hary Supriyanto, Forkopimka Nawangan dan Peserta sekitar 500 Orang. (Penrem 081).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman, Bangkitkan Patriotisme Pemuda