Skip to main content
Berita Satuan

Pangdam I/BB Buka Acara Toba Go Green Tahun 2016

Dibaca: 78 Oleh 24 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin acara Pembukaan Pencanangan Toba Go Green Kodam l/BB Tahun 2016 di Penatapan Sipiso-piso Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Rabu (23/11/2016).

Maksud kegiatan ini adalah dalam rangka membantu program Pemerintah untuk mewujudkan Penanaman Satu Milyar Pohon. Dan merupakan bentuk peran serta Kodam l/BB bekerja sama dengan Polda Sumut, BPDAS, BUMN serta segenap elemen masyarakat dalam memelihara ekosistem kawasan Danau Toba di Sumatera Utara.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam sambutannya mengatakan keberhasilan program aksi gerakan penanaman pohon serentak Indonesia, memacu Pemerintah untuk meluncurkan Program Penanaman Satu Milyar Pohon. Kegiatan tersebut dimulai pada Tahun 2010 dan merupakan upaya untuk mengatasi pemanasan global, degradasi dan deforestasi hutan, serta kerusakan lahan dan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Khusus untuk kawasan Danau Toba, Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo telah memberikan perhatian yang sangat serius pada saat penanaman pohon di Desa Parparean I Kec. Porsea Kab. Toba Samosir pada tanggal 21 Agustus 2016. Presiden RI menyatakan bahwa kegiatan penghijauan bertujuan untuk memulihkan ekosistem dan lingkungan dan dalam rangka menyongsong Danau Toba menjadi kawasan wisata bertaraf internasional.

Baca juga:  Pangdam I/BB Bersama Forkopimda Sumut Serahkan Sarana Pertanian Kepada Para Petani di Kabupaten Karo

“Kegiatan Toba Go Green akan berlanjut sepanjang tahun, sehingga tercapai target yang diharapkan sesuai dengan yang telah direncanakan yaitu berkisar lebih kurang 40 Juta pohon,” ujar Pangdam.

“Penanaman pohon nantinya dapat menghijaukan wilayah kritis di sekitar kawasan Danau Toba yang luasnya lebih kurang mencapai 380.000 hektar, sehingga apa yang menjadi harapan bapak Presiden RI untuk menjadikan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Top Destinasi Wisata Internasional dapat terwujud,” harap Pangdam.

“Jaga dan pelihara pohon yang sudah kita tanam. Tanpa adanya kepedulian dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan mengamankan apa yang sudah kita tanam, maka mustahil apa yang menjadi harapan kita semua dapat tercapai,” pungkas Pangdam.

Adapun target penanaman pohon Tahun 2016 sebanyak 504.900 pohon, yang sudah ditanam sebanyak 240.000 pohon. Kegiatan pencanangan penanaman pohon akan ditanam sebanyak 5.000 Pohon, selanjutnya sisa target penanaman sebanyak  259.900 pohon. Personel pendukung yang melibatkan 3.500 orang yang meliputi anggota Kodam l/BB dan jajarannya sebanyak 650 orang, Polda Sumut  dan jajarannya 550 orang, Pemda Kab. Karo 100 orang, OKP/Ormas 200 orang, mahasiswa dan pelajar 1.000 orang dan masyarakat sebanyak 1.000 orang.

Baca juga:  Panglima TNI: Prajurit Jangan Nodai Kepercayaan Rakyat

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumut  beserta unsur FKPD Prov. Sumut, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Bupati Karo, Irdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Danrindam I/BB,  Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Kadis Kehutanan Provinsi Sumut, Rektor USU, Rektor Univ. Panca Budi, Dirut PT. Inalum, Dirut PTPN IV, Dirut PTPN III. (Pendam 1)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel