TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XVII/Cenderawasih : Pancasila adalah Pusat Kekuatan Bangsa Indonesia

By 11 Nov 2016 12:56Kodam XVII/Cenderawasih
3

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian menggelar Tatap Muka bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Paguyuban dalam rangka meningkatkan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Kamis, 10 November 2016, bertempat di Aula Makorem 172/PWY.

Pangdam menyampaikan bahwa Pancasila adalah pusat kekuatan dari bangsa Indonesia, dimana seluruh kekuatan digerakkan, oleh Pancasila yang tercantum dalam sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Pancasila adalah paradigma nasional yang memberikan batas dan arahan untuk pedoman hidup. Lima Sila yang terkandung dalam Pancasila sudah mengatur bagaimana tatanan hidup berbangsa dan bernegara, termasuk bagaimana menghadapi persoalan dunia yang sedang mencoba merongrong kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Lebih lanjut, disampaikan juga masalah yang yang sedang dihadapi dunia saat ini yaitu persoalan-persoalan terorisme, narkoba, kependudukan dan batas negara, termasuk daerah-daerah yang mempunyai potensi energi terbarukan. Khususnya Indonesia, kata dia, adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memilki vegetasi yang luar biasa, terutama di Papua, sehingga diperlukan sinergitas dalam pengelolaan kekayaan SDA yang ada.

“Perang dan perjuangan yang ada saat ini, bukan seperti pada masa lampau menghadapi penjajah, tetapi perjuangan masa kini adalah bagaimana menata Indonesia kedepan, mulai dari mengelola SDA dan SDM. Mari kita semua jangan saja ribut di dalam negeri, tetapi mari lihat keluar, banyak persoalan yang tiap saat akan kita hadapi yang tentunya kita harus selalu memandang Pancasila yang merupakan pusat kekuatan kita dalam menghadapi persoalan,” kata Pangdam.

Sementara itu, Pdt Herman Saud, S.Th., mantan Ketua Sinode GKI Di Tanah Papua mewakili Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan paguyuban dalam acara tatap muka itu mengajak agar semua pihak bersatu dalam membangun tanah Papua.

“Mari kita bergandeng tangan, bersatu membangun Papua yang aman dan damai. Kita juga bersama-sama perangi korupsi yang menghambat pembangunan di tanah ini,” katanya.

Turut hadir acara tersebut, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso, Kasrem Letkol Inf CDB Andries, Kasdim 1701/Jayapura Mayor Inf Romkeni dan sejumlah pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.(Pendam 17)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XVII/Cenderawasih : Pancasila adalah Pusat Kekuatan Bangsa Indonesia