TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI: “Pemuda Harus Menjadi Tulang Punggung Bangsa”

By 19 Nov 2016 10:02Puspen TNI
9

“Tantangan pemuda pada saat ini adalah harus menjadi tulang punggung bangsa untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat, karena saat ini bangsa Indonesia masih diakui sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kaya, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya”. Demikian amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr.Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., pada acara Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Bumi Perkemahan Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (18/11).

“Kondisi masa depan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia, semakin kompleks dan tidak ringan. Oleh karenanya, generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, harus mampu mengartikulasikan berbagai tantangan maupun ancaman yang dihadapi,” tambah Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa, Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan yang datang dari sumber daya itu sendiri. Motivasi dan penajaman pemikiran bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, harus lebih serius dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap kemajuan Bangsa Indonesia.

“Di era globalisasi  dimana perubahan terjadi begitu cepat, masyarakat Indonesia harus memiliki ketahanan pribadi yang kuat yang berlandaskan kepribadian Pancasila dan UUD 1945,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI menuturkan pula bahwasannya ketahanan pribadi dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi dirinya, keluarga, lingkungan, maupun kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai implementasi dari konsepsi Ketahanan Nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera sebagai perwujudan dan pencapaian tujuan nasional.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI  menjelaskan bahwa upaya untuk meningkatkan jiwa nasionalisme melalui bela negara,kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air, dilakukan dengan cara menumbuhkembangkan tiga komponen dasar bela negara, yakni rasa, paham, dan semangat kebangsaan.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, Bupati Bandung Barat Abu Bakar, Ketua Umum KNPI Bung Fatharafi, Kasgartap II/Bandung Marsma TNI Sun Sudharta, Waaspers Panglima TNI Brigjen TNI Achmad Yuliarto dan Wakapuspen TNI Laksma TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI: "Pemuda Harus Menjadi Tulang Punggung Bangsa"