TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI : RSPAD Harus Tingkatkan Layanan Publik

By 23 Nov 2016 13:05Berita Satuan
3

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) harus benar-benar meningkatkan pelayanan publik secara prima,  baik kepada TNI maupun  kepada masyarakat umum karena RSPAD merupakan satu-satunya Rumah Sakit TNI yang pertama kali menerapkan mekanisme pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum terhitung sejak 8 November 2016, sesuai reformasi pengelolaan keuangan yang akuntabilitas dan mendapat rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada Rapat Koordinasi Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan tahun 2016, di Aula Dhanapala, Komplek Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa, dengan pelayanan yang efisien dan profesional maka diharapkan RSPAD nantinya dapat bersaing dengan beberapa rumah sakit pemerintah maupun swasta yang bertaraf internasional. “Langkah pembenahan  tersebut harus dilandasi dengan kemauan yang kuat untuk berkompetisi dengan rumah sakit lainnya, baik dalam maupun luar negeri, sehingga RSPAD akan menjadi rumah sakit terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara,” jelas Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, upaya peningkatan pelayanan rumah sakit harus mampu menjawab keinginan masyarakat, yaitu pelayanan harus prima, perawatnya harus murah senyum, ceria, ramah dan santun. “Penerapan bisnis rumah sakit bukan dengan harga yang tinggi, namun dengan harga yang normal dan kalau perlu harganya lebih murah namun pelayanan maksimal,” ujar Panglima TNI.

Sesuai dengan Nawacita Presiden RI Ir. Joko Widodo yaitu program Indonesia sehat yang bertujuan membuat keluarga Indonesia sehat dan hebat, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa pelayanan rumah sakit itu harus simple, cepat, profesional dan yang terpenting adalah tingkat kesembuhan pasien menjadi hal yang utama.

“Rumah sakit jangan menunjukkan situasi  yang angker, tetapi harus memperlihatkan suasana pemandangan  taman yang asri dan sehat sehingga ketika ada pasien masuk rumah sakit melihat suasana yang indah dan sejuk,” ungkap Panglima TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengajak beberapa rumah sakit lain untuk berkompetisi dengan RSPAD dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat umum. “Bila ada rumah sakit yang lebih baik pelayanannya maka sampaikan kepada saya, selanjutnya saya akan mengirim tim ahli untuk belajar di rumah sakit tersebut untuk dijadikan contoh bagi RSPAD,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berharap, seluruh rumah sakit TNI baik RSAL, RSAU maupun semua rumah sakit milik TNI yang berada di seluruh Provinsi dapat dimasukan dalam Badan Layanan Umum.  “Saya menyampaikan terima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang telah memberikan kepercayaan kepada RSPAD sebagai rumah sakit yang masuk dalam Badan Layanan Umum,” pungkas Panglima TNI. (Puspen TNI)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI : RSPAD Harus Tingkatkan Layanan Publik