TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pelestarian Dan Penghijauan Lingkungan Tanggung Jawab Kita Bersama

By 30 Nov 2016 12:10Berita Satuan
4

Pantai Pangi adalah daerah yang terletak di Samudra Hindia tepatnya di pantai selatan Laut Jawa. Lebih tepat lagi berada di desa Tumpak Kepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar.

Indahnya pemandangan alamnya cukup menjanjikan bagi para wisata untuk menikmati hari liburnya bersama keluarga sekedar melepas kejenuhan dan kepenatan selama melaksanakan aktifitas kerja sehari -hari.

Untuk menjaga keindahan alam tersebut pemerintah Kabupaten Blitar, khususnya Dinas Perhutani dan Perkebunan Kabupaten Blitar serta Kodim 0808/Blitar mengadakan penghijauan disekitar Pantai Pangi, Selasa (29/11/2016). Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2016, dengan Tema : “Pohon Dan Hutan Rakyat Untuk Kehidupan, Kesejahteraan Sebagai Sumber Devisa Negara”.

Pada acara pembukaan Kadis Hutbun Kabupaten Blitar Supandi. S.P., menyampaikan tentang pentingnya menanam pohon dan menambah luas hutan untuk menyerap karbondioksida dan menyediakan bahan baku untuk industri. “Kegiatan penanaman pohon ini haruslah diikuti oleh seluruh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Begitu juga bupati Blitar Drs. Riyanto menjelaskan, “Melestarikan lingkungan dengan penanaman pohon itu adalah kegiatan yang wajib dilestarikan disamping pohon tersebut dapat dijadikan bahan baku industri juga dapat menangkal adanya pemanasan global yang akan menyerang bumi ini. Tentunya dengan adanya penanaman secara serempak ini akan membawa dampak yang positif bagi kelangsungan kehidupan disekitar kita.”

Sebagai penutup Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Arh Surya Dani, S.H., menjelaskan, “Upaya pelestarian dan penghijauan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, dengan berpartisipasi dalam penghijauan di pesisir Pantai Pangi Kecamatan Bakung. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kodim 0808/Blitar bersama masyarakat setempat, melaksanakan penghijauan yang dicanangkan oleh pemerintah.”

Dandim ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsih bibit pohon dan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Program penghijauan ini sangatlah penting untuk penghijauan lahan gundul, namun apa yang kita lakukan pada hari ini, merupakan langkah penting dan terbaik untuk menciptakan kondisi lingkungan hijau, sejuk dan asri yang kelak Insyaallah akan mendatangkan hasil bagi anak cucu generasi penerus kita,” ucapnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan kali ini adalah Pohon Cemara Udang 500 pohon, Kelengkeng 200 pohon, Alpukat 200 pohon, Matoa 200 pohon dan Durian 200 pohon. Keseluruhan jumlah bibit bibit pohon yg tertanam berjumlah 1.300 Pohon.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Danyonif 511/DY, Pimpinan Bank Jatim Blitar, Pimpinan Perkebunan Blitar, Camat se-Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Bakung, Kades se-Kecamatan Bakung dan para tamu undangan serta komponen masyarakat berjumlah lebih kurang 200 orang.(Penrem 081).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pelestarian Dan Penghijauan Lingkungan Tanggung Jawab Kita Bersama