TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pemberian Bantuan Hidup Dasar Pada Kasus Henti Jantung

By 22 Nov 2016 19:46Kodam IX/Udayana
4

Dalam rangka pengabdian diri kepada masyarakat Akademi Keperawatan Kesdam IX/Udayana Denpasar memberikan sosialisasi tentang Pengabdian Pendidikan Kesehatan Bantuan Dasar kepada Pegawai Negeri Sipil Angkatan Darat di lingkungan Kodam IX/Udayana. Kegiatan ini dilakukan di Aula Akper Kesdam IX/Udayana, Selasa (22/11/2016).

Dalam sosialisasi tersebut diharapkan Pegawai Negeri Sipil Angkatan Darat di Instansi Kodam IX/Udayana dapat mengetahui dan mendemonstrasikan cara pemberian bantuan hidup dasar pada kasus henti jantung. Secara khusus penyuluhan yang dilaksanakan oleh para Dosen Akper Kesdam IX/Udayana dapat memberikan pengertian bantuan hidup dasar dengan kata-kata sendiri, menjelaskan indikasi dan kontra indikasi bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung pada orang dewasa dengan benar, mendemonstrasikan langkah-langkah bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung dan paru pada orang dewasa.

Kegiatan ini bermanfaat dalam menanamkan pemahaman tentang bantuan hidup dasar, penyebab indikasi dan kontraindikasi serta upaya penanganan kegawatdaruratan henti jantung di pre-hospital. Memahami penyebab henti jantung dan henti nafas serta penanganannya dengan bantuan hidup dasar akan membantu menyelamatkan nyawa korban dan meningkatkan angka keselamatan untuk dapat kembali hidup. Masyarakat umum lebih banyak menjadi saksi pertama kali dari korban kecelakaan ataupun kejadian henti jantung dan henti nafas di luar rumah sakit sehingga perlu diberikan pengetahuan terkait dengan bantuan hidup dasar untuk menyelamatkan nyawa korban lebih cepat sebelum tenaga medis yang berkompeten datang menolong.

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Ns. Ni Luh Putu Suardini Yudhawati, S.Kep., dan dibawakan secara jelas dan gamblang oleh Ns. Kurniasih Widayati S.Kep., M.Kes., serta dipandu oleh pembawa acara Ns. Chrisna Diah Maningsih, S.Kep., dapat memukau 120 orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana.. Secara teori dan praktek antusias para pelaku dapat ditunjukkan dengan pertanyaan dan kegiatan praktek yang silih berganti untuk mencoba. (Pendam 9)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pemberian Bantuan Hidup Dasar Pada Kasus Henti Jantung