Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Pemberian Bantuan Hidup Dasar Pada Kasus Henti Jantung

Dibaca: 145 Oleh 22 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka pengabdian diri kepada masyarakat Akademi Keperawatan Kesdam IX/Udayana Denpasar memberikan sosialisasi tentang Pengabdian Pendidikan Kesehatan Bantuan Dasar kepada Pegawai Negeri Sipil Angkatan Darat di lingkungan Kodam IX/Udayana. Kegiatan ini dilakukan di Aula Akper Kesdam IX/Udayana, Selasa (22/11/2016).

Dalam sosialisasi tersebut diharapkan Pegawai Negeri Sipil Angkatan Darat di Instansi Kodam IX/Udayana dapat mengetahui dan mendemonstrasikan cara pemberian bantuan hidup dasar pada kasus henti jantung. Secara khusus penyuluhan yang dilaksanakan oleh para Dosen Akper Kesdam IX/Udayana dapat memberikan pengertian bantuan hidup dasar dengan kata-kata sendiri, menjelaskan indikasi dan kontra indikasi bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung pada orang dewasa dengan benar, mendemonstrasikan langkah-langkah bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung dan paru pada orang dewasa.

Kegiatan ini bermanfaat dalam menanamkan pemahaman tentang bantuan hidup dasar, penyebab indikasi dan kontraindikasi serta upaya penanganan kegawatdaruratan henti jantung di pre-hospital. Memahami penyebab henti jantung dan henti nafas serta penanganannya dengan bantuan hidup dasar akan membantu menyelamatkan nyawa korban dan meningkatkan angka keselamatan untuk dapat kembali hidup. Masyarakat umum lebih banyak menjadi saksi pertama kali dari korban kecelakaan ataupun kejadian henti jantung dan henti nafas di luar rumah sakit sehingga perlu diberikan pengetahuan terkait dengan bantuan hidup dasar untuk menyelamatkan nyawa korban lebih cepat sebelum tenaga medis yang berkompeten datang menolong.

Baca juga:  Naluri Keprajuritan, Prajurit Yonif Mekanis 741 Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Ns. Ni Luh Putu Suardini Yudhawati, S.Kep., dan dibawakan secara jelas dan gamblang oleh Ns. Kurniasih Widayati S.Kep., M.Kes., serta dipandu oleh pembawa acara Ns. Chrisna Diah Maningsih, S.Kep., dapat memukau 120 orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana.. Secara teori dan praktek antusias para pelaku dapat ditunjukkan dengan pertanyaan dan kegiatan praktek yang silih berganti untuk mencoba. (Pendam 9)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel