TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penghijauan Mencegah Longsor

By 12 Nov 2016 11:10Berita Satuan
8

Dalam rangka menyukseskan penghijauan di Kabupaten Wonosobo, Kodim Wonosobo untuk tahun 2016 menargetkan menanam  sejumlah 20.000 batang pohon,   pada hari Kamis (10/11). Penanaman pohon dilaksanakan di desa  Gumelar, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo dengan bibit jenis beringin sebanyak 250 batang.

Kapten Arm Budiyoto Danramil 12/Wadaslintang selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa pemilihan lokasi karena di desa Gumelar ini karena karakteristik daerahnya mempunyai tingkat kemiringan antara 60-90 derajat sehingga bila tidak dijaga alamnya maka potensi longsor sangat tinggi.

Penanaman pohon dilaksanakan bersama masyarakat desa Gumelar dan mahasiswa KKN Unnes yang  sedang melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Penanaman pohon disamping untuk penghijauan juga berfungsi untuk penyaring udara karena tingkat polusi alam yang sudah sedemikian parah. “Disamping itu untuk menjaga tanah agar tidak mudah longsor, apalagi musim-musim seperti ini”, tegas Budiyoto.

Kemanunggalan TNI-Rakyat dibantu dari mahasiswa sangat terasa di daerah ini, para mahasiswa sangat akrab dengan TNI dan masyarakat. Kondisi seperti ini sangat diharapkan, sehingga kehadiran TNI di mata masyarakat memang benar-benar sangat dibutuhkan. Dengan penanaman pohon beringin ini diharapkan   dapat tumbuh subur dan  mengembalikan ekosistem.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penghijauan Mencegah Longsor