TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Persit KCK PD XII/Tpr Dan Dharma Pertiwi Daerah L Gelar Bhakti Sosial “Sehat Bersama”

By 24 Nov 2016 11:57Berita Satuan
3

Ratusan Murid Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika Jaya Cabang XVII/Tanjungpura dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Kubu Raya mengikuti gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun. Kegiatan ini dipandu oleh dr. Uli Fakpahan dan dr. Rostin Nuryakin di Lapangan Upacara Kesdam XII/Tanjungpura, Jalan Adi Sucipto, Pontianak, Kalbar, Rabu (23/11/2016).

Sebelum dilakukan gosok gigi dan cuci tangan massal, Ketua Persit KCK PD XII/Tpr yang juga merupakan Ketua Dharma Pertiwi Daerah L, Ny. Hetty Andika Perkasa menyerahkan alat kebersihan berupa sikat gigi secara simbolis kepada siswa TK dan Siswa SD, sementara Kakesdam XII/Tpr dr. Made Wirayasa T., M.M., M.H.Kes., menyerahkan bantuan berupa tempat tidur sebanyak dua set kepada Persit.

Gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun tersebut dihadiri juga Wakil Ketua Persit KCK PD XII/Tpr Ny. Tien Supriyadi beserta pengurus, Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah L Ny. Minggit Tribowo, dan perwakilan dari Jalasenastri. Hadir juga Kepala Sekolah dan guru-guru dari TK maupun SD yang muridnya terlibat acara tersebut.

Ratusan murid pun tampak antusias mengikuti dan menirukan arahan dari dokter, tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

Ny. Hetty mengatakan bahwa kegiatan bertajuk Sehat Bersama ini dalam rangka Bhakti Sosial Persit Kartika Chandra Kirana PD XII/Tanjungpura dan Darma Pertiwi Daerah L. “Kegiatan ini juga untuk mengajarkan terhadap anak-anak tentang pola hidup yang sehat. Dimana kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita, sehingga diperlukan edukasi pola hidup bersih dan sehat  sejak dini,” tutur Ny. Hetty.

Selanjutnya Ny. Hetty mengatakan bahwa pola hidup bersih dipastikan banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari datangnya penyakit, dan diharapkan dapat bermanfaat dan terbiasa untuk diterapkan di rumah masing-masing.

Sementara itu, dr. Rostin menyampaikan kepada seluruh siswa tentang manfaat gosok gigi jika dilakukan secara teratur, dimulai sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam, supaya terhindar dari tumpukan kuman dan menjadi karang gigi yang mengakibatkan keropos gigi hingga sakit gigi. “Bila sakit gigi segera berobat ke dokter gigi yang terdekat atau Puskesmas, karena di Puskesmas pun sudah ada dokter gigi”, tambahnya.

“Cuci tangan ada beberapa langkah, dimulai dari membasahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir, gunakan sabun dibagian telapak tangan dan digosok selama 20 hingga 30 detik. Kemudian, bilas kembali dengan air bersih, gosok telapak tangan hingga sampai jari, lakukan 40 hingga 60 detik, keringkan tangan dengan tissu atau handuk kertas, gosok telapak tangan kiri dengan memutar ujung jari kanan dan sebaliknya,” terang dr. Rostin.

Usai melakukan sikat gigi dan cuci tangan bersama, dilanjutkan kegiatan minum susu bersama Ketua Persit KCK PD XII/Tpr dengan rombongan menuju PPK 1 Kubu Raya, untuk mengecek pelayanan pemeriksaan IVA atau deteksi dini Kanker Leher Rahim, dalam rangka kegiatan “Sehat Bersama” Persit KCK PD XII/Tpr. (Pendam 12)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Persit KCK PD XII/Tpr Dan Dharma Pertiwi Daerah L Gelar Bhakti Sosial “Sehat Bersama”