TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pusterad Gelar Kajian Teritorial di Korem 152/Babullah

By 02 Nov 2016 11:07Kodam XVI/Patimura
9.-PUSTERAD-GANDENG-KOREM-GELAR-FGD-KAJIAN-TERITORIAL

Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) bekerjasama dengan Korem 152/Babullah menyelenggarakan Focus Discussion Group (FGD) lintas sektoral yang menghadirkan unsur TNI (AD, AL, AU), Kepolisian, Pemerintah Provinsi serta elemen masyarakat lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara, Selasa (01/11)

Danlanud Leo Wattimena Morotai Kolonel (Pnb)Tarjoni, Ketua Tim Pusterad Letkol Inf FS. Panggabean, Kasrem 152/Bbl Letkol Inf Sigit Purwanto, S.I.P, M.Si, AKBP Sidiq, Para Kepala Dinas/Badan Provinsi Maluku Utara, tokoh adat dan tokoh masyarakat ikut serta menghadiri kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pengujian dan Pengembangan Pusat Teritorial Angkatan Darat yang bertujuan untuk mengumpulkan data teritorial terbaru dari setiap SKPD maupun instansi terkait melalui forum diskusi di daerah. Data yang diperoleh dapat dijadikan bahan acuan untuk mengambil kebijakan selanjutnya agar output kebijakan tersebut dapat tepat guna serta bersinergi dengan situasi nyata dilapangan.

Hal ini dalam rangka pemberdayaan wilayah dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh melalui berbagai upaya ditinjau dari segala aspek, oleh karenanya penting terjalinnya sinergitas antara seluruh komponen terkait sehingga pada pelaksanaannya akan berjalan dengan baik, terintegrasi dan sejalan.

Salah satu contoh pengaplikasian dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dilakukan oleh Pemerintah daerah agar sejalan dengan konsep pertahanan negara sehingga kondisi tersebut akan memberikan keuntungan strategis dalam menghadapi setiap ancaman. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemaparan dari Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala Bappeda tentang situasi dan kondisi wilayah Provinsi Maluku Utara. Selain itu juga dilaksanakan pengisian angket oleh seluruh pimpinan SKPD Provinsi Malut perihal tanggapan serta saran dan masukan bagi TNI AD dalam rangka melaksanakan fungsi teritorial.

Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Anang Setyoadi, SE menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya TNI Angkatan Darat khususnya Pusat Teritorial Angkatan Darat dalam rangka melakukan kajian dan pengembangan untuk selanjutnya sebagai dasar pengambilan keputusan oleh Kepala Staf Angkatan Darat di bidang teritorial.

Kapenrem menambahkan, kegiatan seperti ini juga dilakukan di beberapa lokasi berbeda antara lain di Makorem 151/Binaiya, Makodim 1502/Masohi serta di Makorem 152/Babullah. “Pada beberapa hari kedepan kegiatan yang sama akan dilakukan di Kodim 1501/Ternate dengan menghadirkan SKPD serta instansi terkait di lingkup Kota Ternate,”katanya. (Penrem 152/Babullah)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pusterad Gelar Kajian Teritorial di Korem 152/Babullah