TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Revolusi Mental Wujudkan Citarum Bestari

By 05 Nov 2016 09:18Kodam III/Siliwangi
4.-Revolusi-Mental-Wujudkan-Citarum-Bestari

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengikuti kegiatan Sawala Ecovillage Gerakan Citarum Bestari. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan sepak bola komplek Lanud Sulaiman Kelurahan Sulaiman Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Jumat (4/11).

Sawala Ecovillage Gerakan Citarum Bestari merupakan pengembangan desa berbudaya lingkungan yang berbasis masyarakat, dimana pengelolaan lingkungan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah daerah dalam upaya membangun budaya dan prilaku ramah lingkungan. Empat aspek dalam kegiatan ini menitikberatkan pada ekologi, ekonomi, sosial dan spritual.

Melalui tema “Revolusi Mental Wujudkan Citarum Bestari” sangat tepat sebagai upaya dalam membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan masyarakat.

Pangdam III/Siliwangi menegaskan, Kodam III/Siliwangi dan seluruh prajurit akan dengan senang hati dan siap setiap saat membantu pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mengembalikan kemurnian sungai Citarum.

“Bila sungai sungai Citarum kembali kemurniannya, maka fungsi-fungsi strategis kegiatan pembangunan di Jawa Barat yang bergantung kepada sungai Citarum seperti pertanian, perikanan, pembangkit tenaga listrik dan pariwisata dapat kembali normal dan jadi lebih baik lagi”, ungkapnya.

Ditambahkannya, dengan kembalinya sungai Citarum sesuai fungsinya, pembangunan di Jawa Barat akan semakin baik dan meningkat, pada akhirnya kesejahteraan rakyat semakin baik dan meningkat pula.

Apabila kesejahteraan masyarakat baik dan meningkat maka secara otomatis ketahanan wilayah juga akan meningkat dan keamanan wilayah akan lebih terjamin lagi.

Pangdam III/Siliwangi, Gubernur Jabar dan Kapolda Jabar serta undangan mengikuti prosesi kegiatan Awor Cai (prosesi pelarungan) dan penanaman pohon di bantaran sungai citarum sebagai penahan tanah agar tidak mudah terkikis oleh air.

Dalam mewujudkan gerakan bersih Citarum ini, akan dilakukan kegiatan kerja bakti gotong royong pada setiap hari Jumat hingga bulan Desember yang dipelopori oleh TNI bersama-sama dengan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan aparat terkait serta masyarakat disekitar bantaran Sungai Citarum untuk menjadikan Sungai Citarum bersih, sehat, indah dan lestari.

Hadir pada kegiatan tersebut selain Pangdam III/Slw Mayjen TNI M. Herindra dan Gubernur Jabar, juga dihadiri pejabat terkait provinsi Jabar, LSM lingkungan hidup dan masyarakat sekitar bantaran sungai. (Pendam III/Siliwangi).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Tips Kesehatan Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Revolusi Mental Wujudkan Citarum Bestari