TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tes Urin, Wujudkan Profesionalitas TNI yang Bebas Narkoba

By 22 Nov 2016 12:18Berita Satuan
12

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes menggelar tes urin secara mendadak kepada seluruh personel Kodim 0713/Brebes di Makodim 0713/Brebes, Senin (21/11). Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalitas TNI yang bebas Narkoba.

“Kegiatan ini dilakukan secara mendadak, sehingga didapat data yang nyata tanpa adanya persiapan untuk menghilangkan jejak kandungan narkoba,” ungkap Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BNK Brebes Bapak Atmo Tan Sidik.

Atmo Tan menjelaskan, TNI merupakan figur referensi untuk ditauladani, sehingga dengan adanya tes urin narkoba di lingkungan TNI sebagai bukti bahwa prajurit TNI secara tegas anti terhadap barang haram tersebut.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P., yang memimpin pelaksanaan tes urine tersebut mengapresiasi dengan baik sidak yang dilakukan oleh BNK. ”Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang masuk dikalangan prajurit. Sesuai arahan Panglima TNI, bagi prajurit TNI yang melakukan penyalahgunaan narkoba tidak ada hukuman lain selain pemecatan secara tidak hormat,” tegas Letkol Efdal.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa kegiatan ini selain merupakan bagian dari program, juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba oleh prajurit. Kegiatan tersebut juga diadakan untuk mengetahui ada tidaknya oknum prajurit yang menjadi pengguna narkoba, sehingga dapat dengan cepat ditindaklanjuti untuk penanganannya.

Pelaksanaan tes urin di Makodim 0713/Brebes digelar usai upacara bendera yang diikuti sekitar 250 orang Prajurit dan PNS. yang dipimpin langsung oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P., Dalam kegiatannya melibatkan BNK Brebes yang dipimpin oleh Atmo Tan Sidik bersama staf. Selama pelaksanaan tes urin BNK menggunakan parameter untuk mengetahui adanya kandungan dari Amphetamine (AMP), Methampetamine (MET), Marijuana (THC), ‎_Morphine_ (MOP) dan Benzodiazepines (BZO).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tes Urin, Wujudkan Profesionalitas TNI yang Bebas Narkoba