TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI AD Ciptakan Inovasi Untuk Sejahterakan Petani

By 02 Nov 2016 15:25Kodam V/Brawijaya
11.-TNI-AD-Cek-Kesiapan-Operasional-SP-3T-Korem-082-CPYJ-Unit-Jombang

Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad), Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak, melaksanakan peninjauan kesiapan operasional salah satu fasilitas yang dibangun TNI- AD di Desa Tunggorono Kabupaten Jombang, Selasa (11/11). Pembangunan fasilitas ini dalam rangka mengoptimalkan program nasional swasembada pangan di wilayah Korem 082/CPYJ, yakni berupa Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu ( SP3T ).

Dalam peninjauan tersebut Aster Kasad didampingi Aster Kasdam V/Brw Kolonel Inf Yunianto, Letkol Arh. MJ. Malik Pabandya SDAB Sterad dan Letkol Inf Nanang Pabandya Wanwil Sterdam V/Brw. Rombongan Aster kasad menerima presentasi visualisasi operasional SP3T oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo S.Ip. yang didampingi Dandim 0814/Jombang Letkol Arh. M. Fatkhurrohman.

Fasilitas SP3T yang mengusung Visi “ Bersama Petani Berperan Sebagai Garda Nusantara Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional “ merupakan ide Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo S.Ip. bekerja sama dengan PT Biogen Plantation.

Lahan yang digunakan memanfaatkan bangunan milik TNI-AD bekas Batalyon Linud 503 yang telah ditinggalkan sejak 1977 lalu dengan areal seluas kurang lebih 21 hektar. Sarana ini merupakan fasilitas SP3T pertama yang dibangun TNI-AD di wilayah Korem 082/CPYJ.

Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Korem 082/CPYJ dalam mendukung program swasembada pangan nasional dengan menciptakan inovasi dan terobosan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh para petani.

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh satuan kewilayahan dalam menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan dalam mendukung program swasembada pangan nasional. Inovasi semacam ini akan sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh para petani untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraanya”, ungkap Aster Kasad.

Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo S.Ip. mengatakan, dibentuknya SP3T ini diharapkan mampu mendorong terciptanya kemandirian pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani, serta mampu meningkatkan kemampuan petani untuk bertani dengan lebih baik (better farming), berusaha bertani yang lebih menguntungkan (better bussines), berkehidupan yang lebih baik (better living) dan masyarakat tani yang lebih maju (better community).

Ditambahkan juga oleh Danrem bahwa di SP3T tersebut telah berhasil mencetak sawah seluas enam hektar yang sudah ditanami padi dengan pengairan melalui pembuatan sumur bor sedalam 100 meter dari 10 hektar yang direncanakan, sementara empat hektar cetak sawah sedang dalam pengerjaan dan murni dirintis oleh para anggota babinsa Kodim Jombang. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI AD Ciptakan Inovasi Untuk Sejahterakan Petani