Skip to main content
Dinas Penerangan

TNI –Polri bersama Masyarakat Gelar Istighosah/doa Serentak di Seluruh Indonesia

Dibaca: 236 Oleh 18 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) bersama masyarakat menggelar acara Istighosah /doa serentak di tempat-tempat ibadah di seluruh wilayah Indonesia, Jumat (18/11). Istighosah /doa ini dilakukan sebagai wahana paling tepat untuk mendekatkan diri, berserah diri, meminta pertolongan serta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia senantiasa aman dan damai serta terhindar dari konflik atau perpecahan.

tni 1Indonesia adalah negara dengan masyarakat majemuk yang dipersatukan dalam Landasan Ideologi Pancasila yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu, yang berarti bahwa meskipun berbeda agama, suku, ras dan golongan namun merupakan satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara menjamin dan melindungi hak warga negaranya untuk melaksanakan haknya dalam bingkai kemajemukan atau pluralisme.

tni2Oleh sebab itu TNI – Polri pada hari ini, mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memanjatkan doa agar dapat terus menjaga Kebhinneka Tunggal Ikaan. Karena hanya dengan Kebhinneka Tunggal Ikaan, Indonesia akan dapat menjadi bangsa majemuk yang besar, kuat dan solid. Banyak bangsa yang harus menghadapi takdir sejarah, terpecah-belah, tercerai-berai karena tidak mampu menjaga kemajemukannya. Keberagaman dan perbedaan diharapkan jangan menjadi sumber konflik, namun kemajemukan seharusnya menjadi pelengkap atas kekurangan dan kelebihannya masing-masing serta menjadi energi kolektif untuk mencapai kemajuan bangsa dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Baca juga:  Jabatan Aslog Kasad Dan Dirtopad Diserahterimakan

tni3Kegiatan Istighosah di wilayah Jakarta di gelar dibeberapa tempat, yakni Silang Monas (Agama Islam), Gereja Katedral (Agama Katolik), Gereja Immanuel Gambir (Kristen Protestan), Gereja HKBP Cililitan, Gereja Kristen Indonesia Kwitang dan Pura Mustika Dharma Cijantung (Agama Hindu). Adapun Personel yang ikut terlibat dalam acara doa bersama di Silang Monas terdiri dari TNI AD 16.843 personel, sedangkan TNI AL sebanyak 2500 personel, TNI AU 1065 personel dan Polri 3000 personel. Selain aparat, kegiatan tersebut juga diikuti oleh 5000 anak yatim dan 3000 kelompok pengajian.

tni4Istighosah dalam ajaran Islam adalah memohon pertolongan dari Sang Pencipta untuk terwujudnya sebuah “keajaiban” atau sesuatu yang paling tidak mudah untuk diwujudkan. Istighosah sebenarnya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighosah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam Istighosah adalah bukan hal yang biasa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel