TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Topeng Ireng Meriahkan Apel Nusantara Bersatu Di Lapangan Mungkid Magelang

By 30 Nov 2016 17:46Berita Satuan
bra5-s2-nusantara

Bertempat di Lapangan Mungkid, Magelang, Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, didampingi Kepala Departemen Kepemimpinan dan Kejuangan Akmil Kolonel Arm Joko Purnomo beserta 200 orang organik Akmil, mengikuti apel Nusantara Bersatu.Gubernur Akmil berbaur bersama-sama dengan 2.500 orang terdiri dari  unsur Muspida, Budayawan, Tokoh Masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat Magelang.

Acara Apel Nusantara bersatu dalam rangka memupuk kesadaran nasionalisme, kesatuan dan persatuan, dengan tema “Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Semua”, Rabu (30/11/2016).

Kegiatan Apel Nusantara Bersatu selesai, dilanjutkan doa bersama lintas agama yang dihadiri oleh tokoh tokoh dari Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu, doa dan harapan kali ini untuk mencegah perpecahan bangsa akibat situasi politik yang memanas, agar Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap utuh menjadi satu dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Pada kesempatan itu ditampilkan juga acara hiburan, yang menampilkan kesenian Tradisional seperti Topeng Ireng dari Temanggung, Jatilan dari Mungkid dan Barongsai dari Batalyon Armed 3/Sambung Magelang. Topeng Ireng, Jatilan dan Barongsai merupakan seni budaya yang mengandung nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan  yang bersifat dinamis, luwes dan selektif, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang. Penampilan kesenian tradisional sebagai wahana  pelestarian budaya untuk melakukan revitalisasi budaya. (Penhumas Akmil).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Topeng Ireng Meriahkan Apel Nusantara Bersatu Di Lapangan Mungkid Magelang