TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tumbuhkan Jiwa Kepahlawanan

By 16 Nov 2016 17:26Kodam V/Brawijaya
2.-Danramil-Sampaikan-Wawasan-Kebangsaan-di-SMA-Barunawati-Surabaya

Danramil 05/Pabean Cantikan Kodim 0830/Surabaya Utara Mayor Inf Suwadi memaparkan dan mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan Wawasan Kebangsaan Demi Keutuhan NKRI dihadapan ratusan siswa-siswi SMA Barunawati, Rabu (16/11/2016).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMA Barunawati Jl. Perak Barat No.173, Kecamatan Pabean Cantikan Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Wawasan kebangsaan itu erat kaitannya dengan rasa cinta terhadap Tanah Air. Maka dalam konteks ini difokuskan pada kecintaan terhadap Surabaya dan Indonesia,” jelas Danramil.

Menurut Danramil, kondisi Negara saat ini memerlukan penanganan khusus bagi para penerus bangsa, yang notabene para generasi muda.Tak hanya itu, banyak bentuk cara dilakukan sebagai perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, seperti kegiatan yang saat ini dilaksanakan.Dapat dijadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” katanya dalam sosialisasi.

Lebih lanjut Danramil mengatakan bahwa generasi muda hendaknya juga dapat meresapi filosofi-filosofi luhur yang ditinggalkan “Founding Fathers”. Jika diresapi dan dipahami tentu keteladanan “Founding Fathers” akan selalu membekas di otak, pikiran, dan hati para generasi muda.

“Hal itu penting karena generasi penerus bangsa, yang ibaratnya tinggal duduk di tikar yang sudah digelar’ atau tidak ikut merasakan pahit getirnya perjuangan kemerdekaan. Seakan lupa terhadap sejarah negaranya bahkan lupa untuk mencintai Tanah Airnya,” jelasnya.

“Tidak dapat disangkal bahwa Bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi krisis Wawasan Kebangsaan. Hal tersebut dapat dilihat dalam perilaku kehidupan masyarakat kita saat ini yang terindikasi dengan adanya keinginan memisahkan diri dari NKRI, mengutamakan kepentingan kelompok atau golongan, putra daerah, penggunaan kekerasan dan pemaksaan kehendak terhadap kelompok minoritas, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

“Siswa-siswi jangan malas untuk belajar dan menimbah ilmu, mari kita bersama meningkatkan dan memperbaiki rasa nasionalisme dan patriotisme. Siswa-siswi SMA Barunawati sebagai generasi penerus bangsa harus belajar menumbuhkan lagi jiwa kepahlawanan. Menanamkan kesadaran mengutamakan kepentingan umum, menanamkan jiwa disiplin, pantang menyerah, menanamkan sikap dan perilaku Bangsa Indonesia yang mencerminkan budaya bangsa. Menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara, membina kerukunan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” paparnya.

Selain itu para generasi penerus bangsa harus bisa mencintai tanah airnya sekaligus tertanam jiwa kedisiplinan moral dan etika dalam bermasyarakat maupun bersosialisasi.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan Nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini, agar mampu menjadi pemuda-pemuda yang tangguh dan cinta terhadap NKRI,” terang Danramil Mayor Inf Suwadi

Danramil berharap, dengan diberikannya materi wawasan cinta tanah air melalui penyampaian wawasan kebangsaan akan tertanam jiwa nasionalisme dihati para generasi penerus untuk melanjutkan pembangunan bangsa ini.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Barunawati Surabaya, Ibu Atiek Istijarti, S.Pd., mengucapkan terima kasih atas kepedulian Danramil untuk berbagi ilmu terkait materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswa SMA Barunawati.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan berkesinambungan. Agar siswa-siswa SMA Barunawati punya wawasan dan ilmu bahwa wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara perlu terus ditumbuhkan demi keutuhan NKRI ,” pungkas Atiek Istijarti, S.Pd. (Pendam 5)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tumbuhkan Jiwa Kepahlawanan