TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Uji Kesegaran Jasmani Prajurit Bagian Kesiapan Tugas.

By 22 Nov 2016 13:23Kodam II/Sriwijaya
8

Dalam rangka meningkatkan dan mengukur kemampuan jasmani prajurit dijajarannya, Kodam II/Swj menggelar kegiatan uji  kesegaran jasmani periodik  II  tahun  2016 bagi Perwira menengah di lapangan Garuda, Jasmani Kodam II/Swj, Tanjung Api-api Palembang, Senin (21/11). Sebelumnya para prajurit golongan tamtama, bintara dan perwira pertama (Pama) melaksanakan uji kesegaran jasmani  pada tanggal 25 Oktober-3 November lalu ditempat yang sama.

Uji kesegaran jasmani secara berkala ini   yang diselenggarakan dan dikoordinir oleh Jasdam II/Swj ini diikuti oleh seluruh Pamen yang bertugas di wilayah Sumsel. Uji kesegeran jasmani secara berkala dan dilaksanakan dua kali dalan satu tahun ini merupakan bagian pembinaan prajurit untuk mengukur hasil pembinaan fisik dan kebugaran prajurit untuk mendukung tugas pokok TNI AD.

Materi Uji kesegaran jasmani  bagi seluruh tingkatan golongan prajurit TNI meliputi uji Kesegaran Jasmani A yaitu lari dengan jarak tempuh 3200 meter. Sedangkan untuk Uji Kesegaran Jasmani B meliputi pull up, sit up, push up  dan  shuttle run serta renang militer dasar .

Ditempat terpisah, Kapendam II/Swj Kolonel Arh. Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., mengungkapkan bahwa bagi seluruh prajurit uji kesegaran jasmani  berkala  ini wajib diikuti karena kegiatan ini merupakan salah satu program wajib bagi seluruh prajurit.

”Sebagai alat pertahanan negara, prajurit dituntut memiliki fisik yang prima dan tubuh yang kuat dan setiap saat harus siap bergerak dan ditugaskan sehingga prajurit harus senantiasa membina jasmani dan menjaga kebugaran fisiknya”, ujarnya. (Pendam II/Swj)

Uji Kesegaran Jasmani Prajurit Bagian Kesiapan Tugas.