TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonif Mekanis Kostrad Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Purworejo

By 29 Nov 2016 13:28Berita Satuan
7

Disamping melaksanakan Tugas Operasi Perang, Yonif Mekanis 412/6/2 Kostrad juga bertugas dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), untuk misi kemanusiaan, diantaranya bencana alam.

Dalam implementasinya Yonif Mekanis 412 Kostrad mengirimkan 1 SSK untuk mengikuti Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Tanah Longsor yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo.

Apel gabungan yang melibatkan 200 peserta dari berbagai instansi di wilayah Kabupaten Purworejo ini pimpin oleh Ketua BPBD Purworejo Budi Harjono, S.Sos., di Alun-alun Purworejo, Rabu (23/11/2016).

Dalam sambutannya, Budi Harjono menyampaikan bahwa apel gabungan ini merupakan upaya antisipasi terjadinya bencana tanah longsor di daerah Purworejo, yang menuntut semua elemen masyarakat untuk selalu siap siaga dan melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir kerugian, baik personel maupun materiil.

Dalam agenda ini, BPBD Purworejo mengundang seluruh relawan bencana dari berbagai lapisan masyarakat, yang meliputi 1 SSK Yonif Mekanis 412/6/2 Kostrad, Kodim 0708/Purworejo, Polres Purworejo, BPBD Kabupaten Purworejo, Satpol PP Purworejo, Tagana, SAR, Banser, dan perwakilan seluruh SKPD Purworejo.

Tujuan kegiatan ini untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat, baik dari unsur TNI, Polri, Pemda maupun organisasi masyarakat, guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi, baik dari segi aspek personel, peralatan, dan perlengkapan, serta dukungan lainnya, disertai cara bertindak yang tepat sehingga tidak ada keraguan dalam pelaksanaan tugas.

Sementara itu, Lettu Inf Rum Patria Missa selaku Pasiops Yonif Mekanis 412/6/2 Kostrad menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah suatu wujud untuk mendekatkan peran TNI – Polri serta pemerintah dengan masyarakat dalam menjalankan tugas dalam membantu setiap kesulitan masyarakat disekelilingnya, khususnya masyarakat Purworejo.

Acara ini turut dihadiri Kepala Pelaksana Harian ( Kalakhar) BPBD Cilacap, Tri  Komara Sidhy Wijayanto.

Saat dihubungi Bercahaya FM, Kalakhar BPBD menjelaskan, pihaknya sengaja mengundang seluruh relawan dalam apel kesiapsiagaan bencana, karena mereka memiliki peran yang sangat penting dalam mitigasi dan kedaruratan bencana. Selain itu, BPBD Cilacap berencana akan memetakan dan mengkonsolidasikan relawan bencana, yang ada di seluruh Kabupaten Cilacap. (Pendivif 2)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonif Mekanis Kostrad Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Purworejo