TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

150 Orang di Tapal Batas Ujung Timur Indonesia Gelar Gerakan Nusantara Bersatu

By 01 Dec 2016 19:50Berita Satuan
23

Lebih dari 150 orang hadir dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu di Tapal Batas RI-PNG, tepatnya di taman perbatasan, pilar MM. 13 Sota, Merauke, Rabu (30/11).

Mereka adalah perwakilan dari seluruh komponen masyarakat, instansi pemerintah dan perwakilan pelajar di wilayah Distrik Sota di antaranya : perwakilan dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma, Koramil Sota, Staf Kantor Distrik Sota, Polsek Sota, Puskesmas Sota, Pos Imigrasi Sota, Pos Karantina Sota, aparat kampung Sota dan perwakilan para siswa-siswi SD, MI, SMP dan SMK di wilayah Sota.

Acara Gerakan Nusantara Bersatu diawali dengan penghormatan bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dansatgas dalam amanatnya mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Perbedaan yang ada, baik perbedaan agama, suku, ras, golongan, adat istiadat dan budaya pada dasarnya adalah keindahan yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa dan bukti dari kebesaran Tuhan, Sang Pencipta Alam Semesta. Untuk itu marilah kita jaga dan kita syukuri bersama, untuk saling menghormati dan menghargai demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika.” tegas Dansatgas dalam orasinya.

Dalam orasinya Kepala Distrik Sota Mike Ch. Walinaulik, S. STP, M. Si menyampaikan “Semboyan Bhineka Tunggal Ika bertujuan menghargai perbedaan dan keberagaman untuk tetap bersatu dalam ikatan sebagai bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki kesamaan sejarah dan kesamaan cita-cita untuk mewujudkan masyarakat yang Adil dalam kemakmuran dan Makmur dalam Keadilan dengan dasar negara Pancasila dan dasar konstitusional UUD 1945”.

Acara Gerakan Nusantara Bersatu di wilayah Distrik Sota tersebut selain diisi 4 (empat) orasi yaitu dari Dansatgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma, Kepala Distrik Sota, Perwakilan Polsek Sota dan Perwakilan Masyarakat Sota juga diisi dengan sebuah puisi karya Rusman Prasetyo dengan judul “Cinta Yang Tak Terbatas” yang dibawakan oleh adik Omira, seorang Siswi SMK Negeri 1 Sota.

Disamping puisi dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan menyanyikan lagu-lagu wajib Nasional secara bersama-sama, diantaranya lagu Garuda Pancasila, Bagimu Negeri dan Berkibarlah Benderaku. Kegiatan diakhiri dengan doa bersama yang di pimpin oleh Letda Cba Mahsun.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

150 Orang di Tapal Batas Ujung Timur Indonesia Gelar Gerakan Nusantara Bersatu