TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cegah Pemanasan Global Dengan Penanaman Pohon

By 21 Dec 2016 11:35Kodam VI/Mulawarman
bra9-s1-tanam

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Juang Kartika ke 71 tahun 2016, Kodam VI/Mlw melaksanakan karya bakti penanaman pohon yang dipimpin langsung oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Subiyanto bertempat di lingkungan RT. 49 dan RT. 50 Kelirahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan Selasa, (20/12). Kegiatan ditandai dengan penanaman bibit pohon berbagai jenis oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Subiyanto.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L. Tobing dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw menjelaskan bahwa kegiatan karya bakti penanaman pohon ini dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam VI/Mulawarman meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara yang direncanakan menanam pohon sebanyak 100.000 batang.

Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah untuk membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam serta memelihara pohon untuk menjaga keseimbangan ekosistem agar terhindar dari pengaruh pemanasan global.

Salah satu cara mencegah terjadinya pemanasan global melalui pemanfaatan dan rehabilitasi lahan yang ada, dengan melakukan penanaman pohon guna menghindari dan mencegah gundulnya hutan, mencegah terjadinya banjir, tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan. Kegiatan penanaman pohon sudah sering dilakukan oleh penggiat dan pencinta lingkungan hidup, namun hasil yang didapat masih sangat minim.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengajak seluruh lapisan masyarakat Balikpapan dan sekitarnya agar setelah dilaksanakan penanaman pohon ini, jangan lupa untuk terus diupayakan pengelolaan dan pemeliharaannya sehingga yang ditanam dapat hidup tumbuh berkembang sehingga hasilnya bermanfaat bagi anak cucu generasi mendatang. (Pendam VI/Mulawarman)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cegah Pemanasan Global Dengan Penanaman Pohon