TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Advokasi Para Dansat Dalam Penanggulangan HIV-AIDS di Jajaran Kodam II/SWJ

By 13 Dec 2016 13:25Kodam II/Sriwijaya
11

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M., didampingi Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) Mayjen TNI dr. Bambang Pratomo Sulistyo, M.M., membuka secara resmi Acara Advokasi Dansat Tentang Penangulangan  HIV-AIDS di Jajaran  Kodam II/Swj, bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, Jum’at (9/12).

Kegiatan ini diikuti oleh 132 peserta yang terdiri dari Dandim, Danyon, Danden dan perwakilan Perwira dari berbagai satuan di jajaran Kodam II/Swj.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Advokasi Penanggulangan HIV-AIDS merupakan wahana untuk memahami tentang upaya meningkatkan peran aktif Dansat dalam penanggulangan HIV-AIDS. Menurut Pangdam,kegiatan tersebut juga sebagai wujud nyata dalam upaya mengurangi dan mencegah penyebaran virus HIV-AIDS di kalangan prajurit.

Melalui acara ini, Pangdam mengharapkan agar para unsur pimpinan dapat memahami fungsi dan perannya sebagai Ankum/Dansat dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS, sehingga sebagai pemimpin mampu bersikap, bertindak dan berbuat secara benar dan tepat dalam menghadapi kasus HIV-AIDS di satuannya. “Tugas dan tanggung jawab penanggulangan penyebaran penyakit HIV-AIDS tidak hanya menjadi tugas satuan kesehatan saja, namun juga menjadi tanggung jawab kita bersama secara keseluruhan,” tegas Mayjen Sudirman.

Pada kesempatan tersebut, Kapuskesad Mayjen TNI dr. Bambang Pratomo Sulistyo, M.M., juga menyampaikan bahwa perkembangan kasus HIV-AIDS dari tahun ketahun semakin meningkat. “Apabila kasus ini tidak ditanggulangi secara optimal akan berdampak negatif bagi prajurit, ASN dan keluarganya serta kesatuan dan lebih luas lagi akan berdampak pada ketahanan Nasional”, terangnya.

Mayjen TNI Bambang juga menjelaskan bahwa upaya penanggulangan HIV-AIDS sebagai bagian dari pembinaan kesehatan di satuan sebagai fungsi komando sangat ditentukan oleh Dan/Kasatker sehingga diperlukan kegiatan penanggulangan HIV-AIDS yang mengedepankan upaya promotif dan preventif dengan melaksanakan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) melalui metode Advokasi kepada para Dansat di jajaran Kodam II/Swj.

Kapuskesad berharap para unsur pimpinan dapat memahami fungsi dan perannya sebagai Dansat dalam rangka upaya penanggulangan HIV-AIDS sehingga sebagai pimpinan mampi bersikap bertindak dan berbuat secara benar dan tepat dalam menghadapi kasus HIV-AIDS di satuanya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdam II/Swj Mayjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Asisten Kodam II/Swj serta para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Advokasi Para Dansat Dalam Penanggulangan HIV-AIDS di Jajaran Kodam II/SWJ