TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontak Senjata di Daerah Sungai Oktober, Pasukan Raider 700 Dapatkan 1 Pucuk Senjata Api

By 20 Dec 2016 16:49Berita Satuan
bra7-s2-senjata

 

Satgas Yonif Raider 700/WYC kembali mendapatkan satu pucuk senjata api standar jenis Mauser Kal. 7,62 mm dengan nomor senjata No.4.MK.1 daerah sungai Oktober Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua.

Kejadian tersebut bermula ketika tim patroli patok MM 5.1 sedang dalam perjalanan kembali dari patok batas yang dipimpin oleh Letda Inf Dwiyanto Teguh dengan kekuatan 17 personel mendapat gangguan tembakan sebanyak satu kali dari Orang Tak Dikenal (OTK) di daerah sungai Oktober Kabupaten Keerom pada Kamis (15/12). Kemudian tim patroli secara spontan langsung mencari perlindungan dan membalas tembakan tersebut.

Pada saat terjadi kontak senjata, terlihat OTK tersebut berlari ke arah sungai dengan membawa satu pucuk senjata, akan tetapi OTK tersebut terjatuh dan senjata yang dibawanya terlempar. Karena melihat pasukan yang semakin dekat, OTK tersebut langsung melompat ke sungai Oktober yang arusnya cukup deras tanpa menghiraukan senjatanya yang jatuh.

Ketika situasi sudah aman, kemudian pasukan Raider langsung melakukan penyisiran di daerah itu, dan mendapatkan satu pucuk senjata api standar jenis Mauser Kal. 7,62 mm dengan nomor senjata No.4.MK.1 dengan satu buah magazen berisi berisi sembilan butir munisi. Selain senjata api, prajurit TNI juga menemukan satu buah gubuk yang di dalamnya terdapat dua stel pakaian dan satu buah noken bermotif bendera OPM yang berisi pinang kapur sirih serta ganja kering sekitar 20 gram.

Setelah melaksanakan pembersihan dan penyisiran selama hampir 1,5 jam di tempat kejadian, lalu Dantim melaporkan kejadian tersebut kepada Dansatgas Letkol Inf Horas Sitinjak dengan menggunakan HP satelit, kemudian meninggalkan TKP dan melanjutkan perjalanan kembali menuju ke pos.

Dansatgas Yonif Raider 700/WYC Letkol Inf Horas Sitinjak menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada anggotanya yang selama patroli telah berhasil menemukan patok batas yang selama 30 tahun sejak didirikannya patok itu belum pernah ada yang mampu mencapai ke lokasi patok tersebut. Ditambah lagi dengan keberhasilan memperoleh satu pucuk senjata api milik OTK yang menghadang para anggotanya ketika hendak pulang patroli.

“Walaupun dalam keadaan cape dan lelah tetapi tetap siaga dan waspada selama dalam perjalanan patroli, sehingga bisa terhindar dari kerugian personil”, ungkap Dansatgas.

Apresiasi positif dan rasa bangga juga disampaikan oleh Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bhakti. Pangdam mengatakan bahwa para prajurit harus tetap waspada, bisa menjaga semangat yang tinggi dan selalu mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

Saat ini semua barang bukti sudah berada di Kolakops Korem 172/PWY di Abepura Jayapura.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontak Senjata di Daerah Sungai Oktober, Pasukan Raider 700 Dapatkan 1 Pucuk Senjata Api