Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Mahasiswa Merupakan Generasi Muda Yang Terdidik dan Terlatih

Dibaca: 632 Oleh 28 Des 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Ketahanan wilayah merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan mahasiswa merupakan komponen potensial yang dapat mendukung tercapainya ketahanan nasional melalui sumber daya keilmuan yang dimiliki.

Demikian disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra saat membuka Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Gelombang I tahun 2016 di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Selasa (27/12).

Selaku Irup Pangdam menyampaikan bahwa perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para mahasiswa pada saat itu yaitu Tentara Pelajar (TP). Dimana Tentara Pelajar merupakan cikal bakal Resimen Mahasiswa, sehingga keberadaan Menwa ditengah-tangah masyarakat termasuk dalam kategori generasi muda yang terdidik dan terlatih.

Pangdam mengharapkan bahwa dengan dibukanya pendidikan latihan dasar Menwa, nantinya para peserta akan memiliki kepribadian yang terampil, disiplin, ulet, kerja keras dan percaya pada kemampuan sendiri. Selain itu juga taat pada hukum dan dapat menjadi kader untuk penggerak kesadaran bela negara.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, pendidikan dasar Menwa ini bukanlah bentuk dari militerisasi namun semata-mata hanya sebagai bentuk pembekalan pengetahuan dan keterampilan khusus dan pembentukan sikap, tingkah laku yang berlandaskan Pancasila dan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa.

Baca juga:  Danrem 044/Gapo Beri Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Sumsel

“Kesadaran bela negara menjadi faktor penting untuk dimantapkan mengingat fenomena perubahan lingkungan strategis akibat arus globalisasi dan informasi menyebabkan tergerusnya wawasan kebangsaan dan bela negara dikalangan masyarakat khususnya generasi muda yang dapat mengancam integritas bangsa,” tegas Pangdam III/Siliwangi.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam berpesan kepada para peserta agar mengikuti proses pendidikan ini dengan penuh rasa disiplin dan tanggung jawab. Selain itu juga kembangkan suasana kebersamaan serta jiwa korsa diantara sesama peserta dan harus benar-benar mentaati serta melaksanakan setiap ketentuan dan segala perintah dari para pelatih.

Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Gelombang I tahun 2016 diikuti oleh 195 orang peserta yang terdiri dari 85 orang putri dan 110 orang putra dan dilaksanakan selama 16 hari.

Hadiri dalam acara pembukaan terswbut antara lain Danrindam III/Siliwangi, Para Staf Ahli Pangdam, Para Asisten Kasdam III/Slw, Para Kabalakdam III/Slw, Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat, Para peserta Diksar Menwa dan para tamu undangan. (Pendam III/Siliwangi)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel