TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan

By 29 Dec 2016 10:07Kodam I/Bukit Barisan
2-bb-pam

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin Apel Gelar Pasukan TNI, Polri dan Pemko Medan. Kegiatan ini dalam rangka Pengamanan Tahun Baru 2017, Pam VVIP dan Sistem Pengamanan Kota di Lapangan Benteng, Medan, Jalan Kejaksaan, Kel. Petisah Tengah Medan, Rabu (28/12/2016).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing instansi baik personel maupun alat peralatan yang akan digunakan, untuk mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang mungkin timbul di lapangan sesuai tugas pokok instansi masing-masing.

Pangdam berharap dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini semua unsur yang terlibat dalam Pengamanan Tahun Baru 2017 di wilayah Provinsi Sumatera Utara, memiliki kesiapan operasional yang mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksi dapat terjadi.  Apel gelar pasukan diikuti 1.712 personel TNI, Polri dan Pemko Mean. Lebih lanjut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih atas semua kesiapan dari masing-masing instansi.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan agar pelaksanaan Operasi Pengamanan Tahun Baru 2017 sebelum dimulai pada hari “H” nya nanti agar masing-masing instansi melaksanakan pengecekan kesiapannya, guna mengetahui kekurangan, baik keadaan personel, materiil maupun kegiatan di lapangan. “Hindari kemungkinan terjadinya berbagai ekses negatif, ulah dan tindakan yang tidak bertanggung jawab dari setiap personel,” tegas Pangdam.

“Perkembangan situasi saat ini, sesungguhnya memiliki potensi kerawanan konflik dan berbagai gangguan keamanan lainnya. Dengan demikian diperlukan kesiapan operasional yang diharapkan, mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksi sewaktu-waktu dapat terjadi yang dapat mengganggu jalannya perayaan Tahun Baru 2017 di wilayah Provinsi Sumatera Utara,” ungkap Pangdam.

“Untuk dapat mewujudkan kesiapan Operasional Pengamanan Tahun Baru 2017, maka jajaran Poldasu beserta seluruh unsur TNI dan Pemda Provinsi Sumatera Utara beserta instansi terkait, harus senantiasa meningkatkan kemampuan satuan maupun instansinya dengan melakukan persiapan pengamanan secara benar dan sungguh-sungguh dan berharap melalui apel ini akan dapat menambah dan memotivasi pelaksanaan tugas pengamanan dengan benar dan sukses, sehingga menjadi kebanggaan dalam melaksanakan tugas serta kebanggaan masyarakat terhadap kehandalan aparatnya,” ujar Pangdam.

Diakhir amanatnya Pangdam I/BB  menyampaikan  beberapa penekanan yang perlu dipedomani dalam pelaksanaan tugas, sebagai berikut :

Pertama ; Laksanakan semua persiapan dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggung jawab serta ciptakan suatu kerja sama dengan tetap berpedoman kepada petunjuk pengamanan yang telah ditetapkan.

Kedua ; Perhatikan faktor keamanan personel, materiil dan kegiatan selama melaksanakan pengamanan.

Ketiga ;  Tingkatkan kewaspadaan dari semua indikator yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Terlebih lagi terhadap kemungkinan yang dapat mengganggu keamanan dan kelancaran perayaan Tahun Baru 2017.

Sementara itu Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam keterangan pers mengatakan kepada seluruh personel, TNI, Polri dan Aparatur Sipil Pemda agar terus meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah masuknya usaha-usaha yang terorganisir untuk menciptakan kekacauan dan gangguan Kamtibmas. “Hal ini disiagakan oleh aparat keamanan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang akan merayakan moment pergantian tahun dari berbagai kemungkinan gangguan keamanan yang dapat terjadi. Apel ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017,” kata Kapolda.

Kemudian Kapoldasu menyampaikan ada sejumlah bentuk indikasi kerawanan yang perlu diwaspadai diantaranya terhadap aksi-aksi gangguan Kamtibmas berupa aksi terorisme, konflik-konflik yang berbau keagamaan dan ideologi. “Mari kita bekerja sama dengan semua pihak agar kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar,” ujar Kapolda

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapoldasu, Kakor Brimob Polri, Asops Kapolri, Kabinda Provinsi Sumatera Utara, Ka BNN Provinsi Sumatera Utara, Para Pejabat Mabes Polri, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Walikota Medan,  Asops Kasdam I/BB,  Para Pejabat Jajaran Poldasu, Kapolrestabes Medan, Para Dansat BS Kodam I/BB wilayah Medan. (Pendam 1)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan