TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasca Bencana Tanah Longsor, Danramil Pimpin Karya Bakti

By 31 Dec 2016 11:40Berita Satuan
1-dpn-longsor

Di penghujung tahun 2016 cuaca ekstrim melanda Wonosobo. Hujan dengan intensitas tinggi sehingga menimbulkan terjadinya tanah longsor. Seperti yang terjadi di SDN 2 Mojosari, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo,Provinsi Jawa Tengah.

Bencana terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2016 pukul 05.00 WIB di Dusun Lemiring, Mojosari, Mojotengah. Longsor yang terjadi di halaman SDN 2 Mojosari menimpa dua dinding rumah milik Paimun Haryanto dan Samrodi, sehingga kedua rumah mengalami rusak berat. Tidak ada kerugian jiwa pada peristiwa tersebut. Kerugian material ditaksir sekitar Rp.100 juta.

Muspika mendatangi ke lokasi longsor dan berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Kepala SDN 2 Mojosari untuk mengatasi akibat dari terjadinya longsor yang menimpa dua rumah warga.

Kapten Arh Subiyo memberikan saran dan masukan kepada seluruh warga agar dapat meringankan beban kedua warga yang rumahnya tertimpa longsoran halaman SDN2 Mojosari. “Carilah jalan yang terbaik tetapi tidak membebankan warganya,” ujar Danramil.

Danramil juga menghimbau kepada warga lainnya untuk waspada apabila terjadi longsor susulan. Untuk itu kepada kedua keluarga yang rumahnya terkena longsoran diharapkan bersabar, sambil menunggu proses pembersihan yang dilaksanakan bersama antar masyarakat dan aparat desa. Kedua keluarga diarahkan supaya menumpang di rumah kerabat atau warga sekitar.

Kejadian tanah longsor dipicu dari hujan yang terjadi sejak sore hingga siang, belum juga reda.

“Untuk yang tinggal di daerah yang rawan longsor harus waspada tapi jangan panik. Lihat perkembangan disekitar kita. Amati jika ada rekahan tanah, atau pohon yang miring waspadai itu semua,” kata Danramil.

“Untuk itu kita diharapkan menjaga alam ini, kalau alam kita jaga maka alam pun akan melindungi kita. Salah satu cara melindungi alam adalah dengan menanam pohon di tempat–tempat yang memiliki tingkat kemiringan tinggi. jangan menebang pohon secara sembarangan,” ungkap Danramil.

Karya bakti ini melibatkan semua komponen yang ada seperti Polsek, Kecamatan dan tentunya masyarakat sekitar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasca Bencana Tanah Longsor, Danramil Pimpin Karya Bakti