TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Kesulitan Rakyat, Babinsa Prakarsai Buat Jalan Tembus

By 30 Dec 2016 15:24Berita Satuan
bra2-jalan

Guna memperlancar sarana mobilitas penduduk, anggota Koramil 09/Kepil, Kodim 0707/Wonosobo bersama warga masyarakat Desa Warangan, Desa Ropoh dan Desa Kepil melaksanakan karya bhakti membuat jalan tembus dengan panjang 1.500 meter dan lebar 6 meter, sedang jalan yang rencana pengerasan jalan dengan lebar 5 meter, Rabu (28/12/2016).

Karya bakti yang melibatkan 53 orang terdiri dari anggota Koramil, masyarakat 40 orang dan Pemerintah Desa 10 orang.

Danramil 09/Kepil Kapten Arm Trio Mardiyanto didampingi Babinsa Desa Warangan Sertu Mujib mengatakan pembuatan jalan ini bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan pertanian di Desa Warangan, Desa Ropoh dan Desa Kepil.

“Pengerahan personel Koramil 09/Kepil merupakan bukti kepedulian TNI dalam ikut membantu pemerintah dalam pembangunan masyarakat serta untuk lebih meningkatkan kemanunggalan TNI – Rakyat,” tegas Danramil.

Danramil-09/Kepil Kapten Arm Trio Mardiyanto memimpin langsung kegiatan Karya Bakti pembuatan jalan tembus yang menghubungkan Desa Warangan dengan Desa Ropoh.

Kegiatan dimulai dengan pengecekan personel TNI dan anggota masyarakat yang mengikuti kegiatan Karya Bakti tersebut. Karya bakti bagi masyarakat sesuai konsensus pada saat rapat yang dihadiri Babinsa akan dilaksanakan pada setiap hari Kamis dan Minggu.

Hal tersebut diambil biar warga tidak merasa jenuh kerja bakti tiap hari. Walaupun akses jalan sangatlah dibutuhkan. Menurutnya bahu jalan sepanjang 1.500 meter baru selesai 60% dan menurut komitmen kedua kepala desa jalan yang ada akan diperkeras selebar 5 meter.

Danramil menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena seyogyanya para masyarakat dapat bekerja sesuai kegiatan masing-masing, namun karena adanya kegiatan Karya Bhakti TNI ini maka warga masyarakat telah dengan ikhlas untuk menyempatkan diri mengikuti kegiatan Karya Bakti.

Pada pelaksanaan Karya Bakti ini Danramil juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut sampai selesai. Masyarakat juga diminta kesadaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Danramil juga mengerti kalau masyarakat banyak yang melaksanakan kegiatan sesuai pekerjaan masing-masing.

Kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan warga juga merasa sangat senang dan terbantu dengan pembuatan jalan yang menghubungkan antara Desa Warangan dan Desa Ropoh tersebut.

Kepala Desa Warangan Mustofa mewakili warga mengatakan sangat berterima kasih atas partisipasi dari Koramil 09/Kepil yang mau membantu dalam pembuatan jalan. Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Ropoh Saman mengapresiasi kinerja Koramil sebagai bentuk Kemanunggalan TNI – Rakyat membantu warga kami yang saat ini masih terisolir. Karena untuk meningkatkan perekonomian warganya akses jalan sangatlah penting. Sehingga akan sedikit mengurangi biaya pengeluaran untuk pengangkutan hasil bumi yang ada.

“Untuk pemasangan rolak jalan, seperti yang telah disepakati akan menggunakan tenaga bayaran. Sumber dana menggunakan dana transfer Desa Warangan dan Desa Ropoh. Dengan menggunakan tenaga bayaran diharapkan hasil yang akan dicapai nantinya akan lebih bertahan lama dan terkesan pengerjaannya tidak asal rampung,” tegas Saman.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peduli Kesulitan Rakyat, Babinsa Prakarsai Buat Jalan Tembus