TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Tingkatkan Nilai Kejuangan Prajurit Infanteri

By 16 Dec 2016 21:41Berita Satuan
2

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A melepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2016, di Lapangan Astina Jaya Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Denpasar, Jumat (16/12/2016).

Pangdam mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan korps, jiwa korsa dan soliditas sebagai Prajurit Infanteri. “Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun Peleton dalam rangka peningkatan kualitas tempur prajurit Infanteri,”ujarnya.

Lebih lanjut Pangdam mengharapkan, dilaksanakannya kegiatan tradisi ini, akan tercipta dan terpelihara jiwa korsa yang tinggi, serta penghayatan dan pengamalan nilai pengabdian prajurit Infanteri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rakyat. “Tujuan mulia ini hendaknya dihayati dan diresapi seluruh prajurit yang tergabung dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini. Gerak jalan yang dilakukan bukan sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung tekad untuk mewujudkan profesionalisme prajurit Infanteri,”ungkapnya.

Pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berbunyi, kemerdekaan suatu negara didirikan di atas timbunan dan reruntuhan ribuan jiwa, serta harta benda dari rakyat bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun juga. Pesan ini menandakan betapa besar dan mulianya pengorbanan yang telah diberikan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk melanjutkan tekad perjuangan mulia para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan nasional,”pinta Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko.

Diakhir pengarahannya, Pangdam menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya agar menjaga dan memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan sehingga tiba di tempat tujuan tetap dalam keadaan selamat dan lengkap. “Laksanakan gerak jalan ini dengan kesungguhan hati dan semangat yang tinggi, perhatikan faktor keamanan serta hindari sikap arogan karena rute yang dilalui bersentuhan dengan fasilitas umum,”sambungnya.

Adapun tema Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2016 yaitu, Prajurit Infanteri Melaksanakan Gerak Jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Guna Meningkatkan Jiwa Korsa, Militansi dan Soliditas Prajurit Infanteri Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD.

Hadir pada acara pelepasan Peleton Pertama Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Trimulyono, para Asiten Kasdam IX/Udayana, para Kabalakdam IX/udayana dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar (Pendam IX/Udayana).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Tingkatkan Nilai Kejuangan Prajurit Infanteri