TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peran Pelajar Dalam Pertahankan NKRI

By 22 Dec 2016 14:32Kodam IV/Diponegoro
bra10-s1-pelajar

Dalam membangun mental generasi muda termasuk didalamnya pelajar, Kodim 0707/Wsb bekerja sama dengan Dinas pendidikan, olah raga dan kebudayaan (Disdikporabud) Kabupaten Wonosobo dan IPNU/IPPNU menyelenggarakan Pelatihan “ School Of Leader “ bertempat di aula Kecamatan Wonosobo, Rabu (21/12). Pelatihan ini diadakan selama dua hari ini diikuti perwakilan pelajar SLTA se Kabupaten Wonosobo.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Dwi Hariyono menyampaikan ceramahnya tentang prespektif ancaman yang sedang melanda bangsa Indonesia. Dikatakannya, saat ini negara Indonesia sedang mengalami perang modern (proxy war) tanpa disadari bersama. Perang tersebut melalui narkoba, penguasaan ekonomi, faham radikalisme baik kanan maupun kiri dan lain sebagainya. Kesemua itu dengan satu tujuan yaitu ingin menguasai bangsa Indonesia dan seluruh potensi alam yang terkandung didalamnya dengan berbagai upaya.

Negara-negara yang ingin menjajah Indonesia disebabkan karena Indonesia memiliki potensi alam yang melimpah. Potensi tersebut jika dikelola dengan baik maka akan membawa kemakmuran bagi penduduknya, apalagi saat ini di dunia sudah mulai terjadi krisis energi. Sedang di Indonesia energi masih melimpah, inilah yang menyebabkan bangsa Indonesia menjadi incaran negara-negara lain.

“Untuk upaya menangkal serangan dari negara-negara tersebut kita sebagai anak bangsa harus sadar bahwa kita semua tidak ingin dijajah kembali oleh negara lain. Sudah cukup lama menderita nenek moyang kita dijajah oleh kolonial. Kejadian tersebut tidak boleh terulang kembali. Oleh sebab itu mari sebagai anak bangsa bersatu. Kita tidak boleh melupakan warisan leluhur kita yaitu Bhineka Tunggal Ika”, tegas Dandim

Bangsa Indonesia diciptakan dengan perbedaan, perbedaan ini merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Perbedaan itu menjadi potensi untuk membangun negeri ini ,j angan jadikan perbedaan menjadi penghalang persatuan dan kesatuan negara sehingga dengan perbedaan akan terasa indah.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peran Pelajar Dalam Pertahankan NKRI