TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati Hari Juang Kartika (HJK) Dengan Jalan Kaki

By 18 Dec 2016 18:43Berita Satuan
3

Sudah menjadi tradisi, setiap memperingati Hari Juang Kartika (HJK), Korps Infanteri Kodam V/Brawijaya selalu melaksanakan kegiatan jalan kaki yang lebih dikenal dengan sebutan Peleton Beranting. Pada peringatan Hari Juang Kartika Jaya yang ke-68 ini, hal serupa juga dilakukan seluruh prajurit Infanteri dalam lomba Peleton Beranting, di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (17/12/2016).

Peleton beranting ini dilaksanakan dalam rangka mengenang kisah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini juga merupakan tonggak sejarah terbentuknya angkatan perang yang tangguh dan selalu siap bertugas dimanapun berada serta pantang menyerah dalam keadaan bagaimanapun.

Lomba Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam V/Brawijaya, saat ini sudah memasuki wilayah Blitar tepatnya di daerah Desa Mojorejo Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Itu berarti sekitar 80 km wilayah Blitar sudah dilalui oleh Tim Peleton Beranting, mulai dari wilayah Wates,  Panggungrejo, Binangun, Lodoyo, Kanigoro, Kota, Sanankulon dan Ponggok.

Tak kalah menariknya, dalam mengenang sejarah perjuangan Panglim besar Sudirman ini, para pramuka, Hansip dan sebagian masyarakat juga ikut serta memeriahkan acara yang digelar tiap tahun ini.

Dengan menyanyikan lagu Mars Infanteri, para pasukan menunjukkan semangat tak kenal lelah, hujan dan terik panas matahari adalah kawan dalam setiap perjalanan untuk mengenang sejarah perjuangan para pendahulu yang berjuang demi tegaknya NKRI.

Setiap daerah yang dilalui pasukan Peleton Beranting selalu mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Bagi mereka, merupakan suatu kebanggaan jika pasukan Peleton Beranting ini singgah di desanya. Hal ini dapat dilihat, setiap pasukan Peleton Beranting ini istirahat, tidak sedikikt warga yang menawarkan air minum dan makanan ringan kepada para pasukan.

Antusiasme warga menyambut pasukan Peleton Beranting ini sangat meriah. Mereka rela menunggu kapan saatnya pasukan Infanteri ini melewati desanya.“Saya sangat bangga melihat kegigihan bapak-bapak Tentara mengikuti kegiatan ini, “ujar Slamet salah satu warga di Kecamatan Wates Blitar.

Rute selanjutnya yang akan dilewati pasukan Peleton Beranting ini adalah Lodoyo menuju Desa Jatinom dan rencananya pasukan jalan kaki ini akan finis di lapangan Trowulan Mojokerto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati Hari Juang Kartika (HJK) Dengan Jalan Kaki