TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

‘Persami Saka Wira Kartika’ Bentuk Sikap dan Mental Generasi Muda Bangsa

By 11 Dec 2016 14:30Kodam Iskandar Muda
img-20161211-wa0007

Persami Saka Wira Kartika sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat bela negara sejak usia dini. Sehingga dengan sendirinya mereka akan lebih mencintai bangsa dan negara.

Hal itu dikatakan Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Daniel Chardin saat membuka Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika yang diikuti oleh 180 Orang Peserta Penegak dan Pandega di Lapangan Kompi Senapan A Yonif  Raider112/DJ, Japakeh, Darul Imarah, Sabtu (10/12).

Selanjutnya Kasdam menyampaikan bahwa Persami yang diikuti perwakilan dari dua Korem dan 16  Kodim di jajaran Kodam Iskandar Muda tersebut bertujuan untuk membentuk sikap mental yang tangguh, juga melatih kemandirian dan tanggung jawab. Disamping itu, mampu meningkatkan jiwa persatuan dan semangat kebangsaan dengan selalu menjunjung kedisiplinan, cinta tanah air dan bangsa.

“Kegiatan ini memberikan manfaat yang positif bagi generasi muda untuk menumbuhkan kesadaran dalam bela negara dan meningkatkan persaudaraan di kalangan para peserta. Sebab generasi muda merupakan harapan bangsa maka pembentukan karakter disiplin dan cinta tanah air menjadi hal yang utama,” kata Kasdam.

Selama kegiatan, para peserta Persami tersebut akan diberikan materi-materi keterampilan seperti pengetahuan bela negara, pengetahuan materi krida, navigasi darat, pioner, _mountenering_, _outbond_ dan penanggulangan bencana serta lomba K3.

Selain diberikan materi tentang keterampilan, para peserta juga diberikan pembekalan tentang kepribadian Pancasila, Bela Negara, Wawasan Kebangsàan yang Bhinneka Tunggal Ika.

Saka Wira Kartika adalah salah satu kegiatan dasar kemiliteran yang diberikan kepada Pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan khusus dibidang matra darat. Kegiatan tesebut dilakukan secara terorganisir perorangan maupun kelompok dengan memanfaatkan alam, gunung, rawa dan sungai.

Turut hadir, Irdam, Danrindam, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak, para Dandim dan unsur Komandan Satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Ketua Kwarda Aceh, ketua Kwarcab Banda Aceh, ketua Kwarcab Aceh Besar serta para pembina, pembimbing dan para Instruktur persami Saka Wira Kartika.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

'Persami Saka Wira Kartika' Bentuk Sikap dan Mental Generasi Muda Bangsa