TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Akan Terus Menjaga Situasi di Ambon Tetap Aman

By 03 Dec 2016 20:30Berita Satuan
whatsapp-image-2016-12-03-at-10-57-22

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo melepas Satuan Yonarmed 12/2/Kostrad yang telah melakukan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Opspamrahwan) di wilayah Kodam XVI/Pattimura. Upacara pelepasan digelar di Lapangan Lantamal IX Ambon, Jumat (2/11).

Pangdam dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Yonarmed 12/2/Kostrad yang telah bertugas di wilayah ini dengan hasil yang membanggakan. Disamping itu satuan tersebut telah memberikan kontribusi yang positif untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya menjaga stabilitas keamanan serta memberikan suasana ketenangan, ketentraman dan kesejukan bagi masyarakat di daerah tugasnya.

Selanjutnya Pangdam mengatakan bahwa situasi keamanan di wilayah Kodam XVI/Pattimura, baik di Provinsi Maluku maupun Maluku Utara yang sudah semakin kondusif saat ini adalah berkat kontribusi Satuan tersebut yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sehingga Pemerintah Daerah dan segenap lapisan masyarakat dapat melaksanakan aktifitasnya secara normal dan lancar.

“Tugas kalian di wilayah Kodam XVI/Pattimura telah berakhir dan berhasil dengan baik, termasuk keberhasilan dalam menyadarkan warga masyarakat dalam pengumpulan senjata dan muhandak serta granat,” ungkap Pangdam.

Adapun senjata yang berhasil dikumpulkan yaitu 12 pucuk senjata standar (8 laras panjang dan 4 laras pendek) 220 senjata rakitan (156 laras panjang dan 64 laras pendek) muhandak kaliber 5,56 mm sebanyak 257 butir, kaliber 6,5 mm sebanyak 6 butir, kaliber 7,62 mm sebanyak 107 butir, kaliber 9 mm sebanyak 138 butir, kaliber 12,7 mm sebanyak 11 butir, kaliber 38 inci sebanyak 2 butir dan kaliber 45 inci sebanyak 4 butir, Granat 10 butir, munisi pelontar granat rakitan 8 butir dan munisi mortir organik 2 butir hasil penyerahan dari masyarakat secara sukarela.

Selanjutnya Pangdam berharap agar keberhasilan yang telah dicapai tersebut, jangan sampai membuat lupa diri dan jangan larut dalam kegembiraan yang dapat menyebabkan lengah dan hilang kewaspadaan. Karena menurut Pangdam, panggilan tugas bagi seorang prajurit tidak akan pernah berakhir, bahkan kedepan akan semakin berat dan kompleks.

Turut hadir dalam Upacara tersebut, Kapolda Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Dantamal IX Ambon, Danrem 151/Binaiya,  Para Perwira Ahli, Para Asisten dan Komandan Satuan serta Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura, Pejabat Pemvrov dan Kota serta pejabat Kabupaten Maluku Tengah, para Perwira. (Pendam 16).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Akan Terus Menjaga Situasi di Ambon Tetap Aman