TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Yonif Raider 112/DJ Tampilkan Teknik Fast Roping

By 23 Dec 2016 12:48Kodam Iskandar Muda
bra15-s1-fast

Prajurit Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya menunjukan keterampilannya dengan melakukan Fast Roping atau teknik meluncur dari Helikopter pada ketinggian tertentu dengan menggunakan tali.

Keterampilan prajurit Raider tersebut ditampilkan pada saat acara Hari Juang Kartika tahun 2016, HUT Kodam IM ke 60 dan HUT Kowad ke 55 yang berlangsung di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (22/12).

Selama pertunjukan tersebut, para tamu undangan sangat antusia menyaksikan prajurit TNI tersebut. Sekejap Para tamu undangan mengalihkan semua pandanganya ke udara ketika Helikopter jenis Hely Bell 412 yang diawaki oleh Pilot Mayor Cpn Anggoro dan Kopilot Lettu Cpn Jati, sedang membawa delapan prajurit Raider 112/DJ yang akan melakukan Fast Roping dari ketinggian 40 meter dengan menggunakan tali.

Didalam menjalankan tugasnya, prajurit Sanggamara khususnya prajurit Raider harus memilki kemampuan Fast Roping, Karena teknik ini hanya dilakukan ditempat penugasan yang tidak dapat dijangkau melalui perjalanan darat dan laut.

Komandan Tim Fast Roping Sersan Satu Erikson Silaban menjelaskan bahwa Fast Roping kali ini membawa delapan orang prajurit. Dimana mereka secara bersamaan turun ke darat dari helikopter dengan menggunakan dua tali yang ujungnya dikaitkan di badan helikopter. Selanjutnya para prajurit melakukan turun dengan tali bertumpu pada kekuatan genggaman tangan dan jepitan kaki sampai mendarat.

“Fast Roping merupakan teknik bergerak secara cepat, senyap, dan tepat untuk masuk ke dalam kawasan musuh untuk menghancurkannya,” jelas Erikson.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman beserta pejabat teras Kodam IM, Kapolda Aceh, PLT Gubernur Aceh, Mayjen TNI( Purn) Soenarko, unsur Muspida Aceh, Kajati, Ketua DPRA, Ketua Komisi DPRA, Ketua FKPPI, Ketua Panwasih Aceh, Rektor Unsyiah, Rektor UIN Ar-Raniry dan para Veteran Banda Aceh, Tokoh Adat serta Tokoh Agama. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Yonif Raider 112/DJ Tampilkan Teknik Fast Roping