TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pramuka dan Bela Negara Kesatuan Tidak Terpisahkan

By 28 Dec 2016 10:18Kodam V/Brawijaya
7-brw-saka

Untuk menumbuhkan rasa bela negara pada generasi muda khususnya yang tergabung dalam wadah Saka Wira Kartika, Koramil 0811/14 Kerek menggelar acara Pengukuhan Saka Wira Kartika Baru Tahun 2016 di halaman Makoramil 0811/4 Kerek, Minggu (25/12/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (25-26 Desember 2016)  tersebut, dipimpin langsung oleh Danramil 0811/14 Kerek Kapten Inf Priwahyudi bersama pembina Saka WiraKartika Koramil Kerek Serka Sapto Priyanto, Serda Yusuf dan Kopda Achmad Kouzi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta terdiri dari 17 pramuka putra dan 13 pramuka putri penegak yang berasal dari siswa siswi SLTA Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Danramil 0811/14Kerek Kapten Inf Priwahyud, selaku pimpinan pembina ranting gerakan Pramuka Saka Wira Kartika mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter generasi muda bangsa yang  didasari dengan kedisiplinan dan ketekunan oleh seluruh peserta yang terdiri dari putra-putri bangsa. Dengan dedikasi, pola pikir dan bertingkah laku terpuji maka akan tercipta anak bangsa yang berjiwa Pancasila dan berwawasan kebangsaan.

Menurutnya, Pramuka merupakan salah satu kegiatan ketahanan wilayah untuk menjadi kekuatan pendukung dan bela negara sehingga generasi muda dapat berkepribadian yang berdisiplin, bertoleransi dan mempunyai jiwa kesatria serta diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan bertanggungjawab.

“NKRI harga mati janganlah hanya dianggap sebagai sebuah slogan belaka tetapi harus kita tunjukkan dengan sikap dan tingkah laku serta peran aktif kita semua dalam mengawal dan mempertahankan persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI yang kita cintai hingga tetesan darah terakhir. Mari kita rapatkan barisan dan menatap masa depan yang lebih baik demi Pancasila, demi Merah Putih dan demi Indonesia,” tegas Kapten Inf Priwahyudi.

Berbagai macam bentuk kegiatan dilaksanakan dalam kegiatan tersebut diantaranya  latihan baris berbaris, navigasi darat(Navrat) dengan materi jalan peta menuju sumber air Ngipeng Desa Temayang, kesehatan, tali-temali, turun tebing dan upacara pengukuhan anggota Saka Wira Kartika. Selama kegiatan semua peserta sangat  semangat dan gembira mengikuti satu demi satu rangkaian kegiatan dan acara diakhiri  dengan api unggun dan renungan malam. (Penrem 082/CPY

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pramuka dan Bela Negara Kesatuan Tidak Terpisahkan