TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Siswa/i SMP, SMA dan SMK di Purwakarta Akan Diajarkan Tentang Ideologi Kebangsaan Pancasila

By 22 Dec 2016 11:49Berita Satuan
bra14-s1-kader

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram membuka acara Pencanangan Pendidikan Kader Ideologi Kebangsaan Pancasila di Pendopo Bupati Purwakarta, Rabu (21/12). Acara tersebut diikuti oleh 600 orang kader yang berasal dari TNI, Polri, Ormas, LSM, Mahasiswa dan Komunitas Tracker Purwakarta.

Kegiatan Pencanangan Pendidikan Kader Ideologi kebangsaan Pancasila tersebut akan diselenggarakan selama 3 hari kedepan, yakni mulai dari tanggal 21 s.d 23 Desember 2016. Para peserta atau kader nantinya akan di berikan tanggungjawab untuk mengajar tentang Ideologi Pancasila di sekolah setingkat SMP, SMA dan SMK diwilayah Kabupaten Purwakarta.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram menyampaikan bahwa ketika Indonesia di Proklamasikan, dunia dicekam oleh pertentangan Ideologi Kapitalisme dan Ideologi Komunisme. Dimana Kapitalisme berakar pada paham Individualisme yang menjunjung tinggi kebebasan dan hak-hak individu. Sementara Komunisme berakar pada faham sosialisme atau kolektivisme yang mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan individu.

Namun demikian, para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia mampu melepaskan diri dari tarikan-tarikan dua kutub Ideologi tersebut dengan merumuskan Pandangan dasar bernama Pancasila. Nilai-nilai yang terjandung dalam Ideologi Pancasila bahkan bisa berperan sebagai penjaga keseimbangan dua Ideologi dunia tersebut, karena dalam Ideologi Pancasila hak Individu dan masyarakat diakui secara proporsional.

Lebih lanjut Pangdam memberikan apresiasi atas kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Daerah Purwakarta dan Kodim 0619/Purwakarta untuk mengadakan pendidikan Kebangsaan Ideologi Pancasila khususnya bagi pelajar SLTP, SMA dan SMK se-Kabupaten Purwakarta.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Siswa/i SMP, SMA dan SMK di Purwakarta Akan Diajarkan Tentang Ideologi Kebangsaan Pancasila