TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Kemenkopolhukam RI Kunjungi Dusun Yakyu

By 02 Dec 2016 21:12Berita Satuan
bra1-s1-papua

Tim dari Kementerian Polhukam, Kolonel Inf Johanes Payung, Kolonel Arh Pontjo Wasono dan Bapak Amrullah M. Ridho didampingi Wadansatgas Pamtas RI – PNG Yonif 407/Padmakusuma Mayor Inf Ari Iswoyo Timor mengunjungi Dusun Yakyu Distrik Sota, Merauke, Rabu (30/11/2016).

Ketertarikan Tim dari Kemenkopolhukam mengunjungi Dusun Yakyu karena ingin menyaksikan secara langsung kondisi Kampung Yakyu dari dekat. Kampung Yakyu merupakan daerah terisolir terpisah dengan daerah lainnya yang cukup sulit untuk dijangkau dan langsung berdekatan dengan garis perbatasan RI – PNG. Untuk menuju ke Dusun Yakyu menyeberangi rawa sekitar tiga jam dengan menggunakan perahu ketinting.

Masyarakat Dusun Yakyu sudah sekian lama berharap agar dusunnya terhubung dengan adanya akses jalan yang baik dengan Kampung Yanggandur sehingga dusunnya tidak terisolir lagi dan mudah dijangkau.

Sebelum adanya pos Satgas Pamtas RI – PNG di Dusun Yakyu, pada tanggal 7 Agustus 2015 terjadi penurunan bendera Merah Putih oleh tentara PNG. Untuk menegaskan bahwa dusun Yakyu merupakan wilayah NKRI, Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma telah melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-71 pada 17 Agustus 2016 lalu.

Kegiatan pengobatan massal gratis di dusun ini juga berulang kali dilaksanakan Satgas Pamtas Pamtas RI – PNG Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan Puskesmas distrik Sota untuk pemeriksaan kesehatan warga Yakyu. Selain belum adanya sarana dan petugas kesehatan di Dusun Yakyu juga belum ada listrik.

Meskipun dengan tempat tinggal yang sangat sederhana, warga Dusun Yakyu juga rajin menjaga kebersihan dan kerapian dusunnya, mereka sangat kompak dan masih menjaga nilai-nilai gotong-royong, selain itu masyarakat dusun ini memiliki kerajinan beribadah dan kepedulian sosial yang baik.

Sementara Pemerintah Daerah juga berupaya dan dalam proses melaksanakan pembangunan infrastruktur di daerah tersebut, semoga dengan kunjungan Tim Kemenkopolhukam tersebut bisa mempercepat laju pembangunan yang sementara ini berjalan untuk Dusun Yakyu, yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat Dusun Yakyu bisa lebih meningkat. (Pendam 17)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Kemenkopolhukam RI Kunjungi Dusun Yakyu