TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Untuk ke-5 Kalinya, Yonif 407/Padmakusuma Gelar Pengobatan Massal dan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG

By 22 Dec 2016 13:45Kodam XVII/Cenderawasih
bra15-s1-obat

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 407/PK menggelar pelayanan kesehatan pengobatan massal dan donor darah di Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke, Senin (19/12). Kegiatan tersebut merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan solidaritas dan pesaudaraan antara warga masyarakat dengan seluruh anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK.

“Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu masyarakat khususnya di perbatasan. Karena kita tahu bahwa di perbatasan ini kehidupan masyarakat sangat terbatas karena pengaruh lingkungan maupun kondisi sosial ekonomi mereka, sehingga rentan terhadap berbagai penyakit. Dengan kegiatan pengobatan massal dan donor darah ini kita mengajak masyarakat untuk berobat dan peduli dengan kesehatannya,” kata Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto.

Kegiatan pengobatan massal dan donor darah tersebut mendapat apresiasi, baik dari masyarakat maupun dari Tim PMI Cabang Merauke. “Kami berharap ini rutin diadakan. Dalam satu kegiatan ini, masyarakat mendapat pengobatan, sekaligus layanan imunisasi dan penimbangan Balita,” tutur salah seorang warga.

Sementara menurut Sutimin, Ketua Tim PMI, bahwa Satgas Pamtas Yonif 407/PK rutin melaksanakan kegiatan donor darah setiap bulannya. “Ini sangat membantu memenuhi stok darah PMI Merauke,” ujarnya.

Dalam mengadakan pengobatan dan donor darah ini, Satgas Pamtas Yonif 407/PK melibatkan Puskesmas Distrik Sota serta PMI Cabang Merauke. Tidak kurang dari 87 orang warga masyarakat perbatasan mendatangi tempat pengobatan sekaligus juga melaksanakan imunisasi dan penimbangan Balita.

Sementara untuk donor darah, sesuai data yang ada, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma selama bertugas di Merauke telah 5 (lima) kali melaksanakan kegiatan donor darah. Yaitu pada bulan Agustus dilaksanakan di Kaliwanggo dengan pendonor sebanyak 53 orang, kemudian bulan September dilaksanakan di Sota dengan pendonor sebanyak 53 orang.

Selanjutnya pada bulan Oktober dilaksanakan di Tomer dengan pendonor sebanyak 40 orang, pada bulan Nopember dengan pendonor 55 orang. Sedangkan pada bulan Desember 2016 ini, jumlah pendonor sebanyak 44 orang yang terdiri dari anggota Satgas dan masyarakat.

Dalam setiap pelakanaan kegiatan donor darah, Satgas Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan PMI Cabang Kabupaten Merauke.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Untuk ke-5 Kalinya, Yonif 407/Padmakusuma Gelar Pengobatan Massal dan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG