Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Wujudkan Swasembada Pangan di Purworejo, TNI Bersama Petani Nggropyok Tikus

Dibaca: 144 Oleh 16 Des 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Puluhan Personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) dari Kodim 0708/Purworejo bersama dengan Petani Desa Purwodadi, Purworejo nggropyok tikus di area persawahan yang sedang ditanami padi, Kamis (15/12/2016). Kegiatan tersebut dipimpim oleh Danramil Purwodadi Kapten Inf Abdul Haris Nasution yang dihadiri oleh petugas dari Kementerian Pertanian Desa Purwodadi Ibu Nurwelas Asih.

Alat yang digunakan untuk membasmi tikus tersebut terbuat dari tabung gas 3 Kg yang telah dimodifikasi menjadi alat pembasmi tikus. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sedikit belerang yang di taruh dilubang persembunyian tikus, kemudian dibakar dengan menggunakan alat pembakar dari tabung gas 3 Kg tersebut. Sehingga tikus-tikus yang berada di lubang-lubang persembunyiannya dalam beberapa saat akan kelaur dan mati.

Danramil Purwodadi Kapten Infanteri Abdul Haris Nasution menyampaikan bahwa kegiatan Nggropyok atau membasmi tikus ini adalah wujud dari usaha TNI AD sebagai mitra dan pendamping petani dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut sampai 3 hari kedepan, karena area persawahan di Desa Purwodadi mencapai 10 Hektar lebih. Diharapkan dengan kegiatan ini hasil panen padi petani Purwodadi akan meningkat,” tegas Danramil.

Baca juga:  Pembinaan FKPPI Sekabupaten Wonosobo

Sementara salah seorang petani dari Desa Purwodadi mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat membantunya, karena selama ini hasil panen mereka selalu kurang baik disebabkan oleh serangan hama tikus.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel