TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Akmil Magelang Peringati Hari Bakti Taruna

By 26 Jan 2017 January 19th, 2018 AKMIL
7

 

Akademi Militer (Akmil) memperingati Hari Bakti Taruna dengan Inspektur Upacara Kolonel Arh Hardi Ariyanto, SH, bertepat di Lapangan Pancasila Akademi Militer Magelang, Kamis (25/01/2017).

Upacara ini diikuti seluruh Taruna-Taruni dan dihadiri oleh Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo, para Pejabat Distribusi Akmil, pejabat daerah Magelang, Persit dan Yayasan Kartika Jaya, Rombongan Yayasan 25 Januari, perwakilan Pengasuh Mentar dan Perwakilan Mahasisa/i UNTIDAR dan UMM serta perwakilan SMA Taruna Nusantara.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Sermatutar Damara Sukma (Danmen Korpstar). Hari Bhakti Taruna kali ini mengangkat tema “Dengan Memperingati Hari Bhakti Taruna Akademi Militer, Kita Tingkatkan Semangat Patriotisme Taruna Sebagai Kader Pimpinan TNI Masa Depan Dalam Menjaga dan Mempertahankan Keutuhan NKRI”.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman dalam sambutannya yang dibacakan Kolonel Arh Hardi Ariyanto mengatakan, para Taruna mau menengok sejarah perjuangan bangsa, khususnya pada periode pasca kemerdekaan, hampir di seluruh Bumi Pertiwi, mulai dari Sabang sampai Merauke, Pulau Miangas hingga Pulau Rote perjuangan bersenjata telah dikobarkan dan dilakukan oleh para Pemuda Indonesia, baik dari kalangan Pelajar maupun Mahasiswa.

Gubernur Akmil menyampaikan, peringatan Hari Bakti Taruna memiliki tujuan yang sangat strategis yaitu agar Taruna Akademi Militer mengetahui sejarah perjuangan para Taruna khususnya Taruna MA Tangerang dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kebanggaan kepada Taruna Akademi Militer tentang segi kepahlawanan/heroisme, rasa kesetiakawanan dan sikap pantang menyerah dari Peristiwa Pertempuran Lengkong.

“Hari ini kita mengenang peristiwa bersejarah yang heroik di mana pada tanggal 25 Januari 1946 puluhan Taruna Militer Akademi (MA) banyak menjadi korban dalam melawan dan melucuti senjata pasukan Jepang di Desa Lengkong, Serpong – Tangerang Selatan. Selain itu juga merupakan wujud nyata pengabdian Taruna Akmil kepada negara dan bangsa, sehingga dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,”ujar Gubernur Akmil.

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Taruna, Resimen Korps Taruna Akmil telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya, bakti sosial pada Minggu tanggal 22 Januari 2017 ziarah ke TMP Giri Dharmoloyo Magelang, TMP Semaki Yogyakarta dan TMP Gatot Subroto Semarang.

Ziarah ini diikuti 464 Taruna-Taruni dan 20 orang pengasuh, anjangsana ke Panti Asuhan Arrahman Ds. Kalisalak Salaman – Magelang dan Panti Rehabilitasi Budi Asih Jl. Urip Sumoharjo No.91 Magelang.

Selanjutnya pada Hari Senin tanggal 23 Januari 2017 melaksanakan kunjungan ke kediaman mantan pelatih yang sudah purna tugas (pensiun), karya bakti ke Monumen Plataran Sleman – Yogyakarta dan ke daerah latihan di Ds. Kebun sari – Kec. Borobudur, Ds. Paripurno – Salaman serta Ds.Beji – Tempuran – Magelang.

Pada Hari Selasa tanggal 24 Januari 2017 melaksankan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Mall Artos – Magelang, diikuti 950 orang terdiri dari, 720 Taruna Taruni Akmil dan 230 orang pengasuh / organik Akmil. Pada malam harinya dilaksanakan malam akrab dan ceramah yang disampaikan Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Akmil Magelang Peringati Hari Bakti Taruna