TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bintara Sebagai Tulang Punggung Satuan TNI AD

By 05 Jan 2017 20:08Kodam II/Sriwijaya
whatsapp-image-2017-01-05-at-08-33-33

Komandan Resimen Induk Militer (Dan Rindam) II/Swj Kolonel Inf Agus Subiyanto SE, M.Si, Rabu (4/1/2017) membuka pendidikan pembentukan bintara (Diktukba) tahap I TNI AD tahun anggaran 2017 bertempat di lapangan upacara Sekolah calon bintara Rindam II/Swj, Lahat Sumatera Selatan. Upacara pembukaan pendidikan pembentukan bintara yang diikuti 162 orang bintara siswa ditandai dengan penyematan tanda siswa oleh Inspektur upacara.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman SH, MH,MM dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan Rindam II/Swj mengatakan,pendidikan pembentukan bintara yang akan berlangsung selama dua bulan ini merupakan salah satu program dalam pembinaan personel dan pembinaan karier di lingkungan TNI AD yang didasarkan pada hasil seleksi yang transparan dan objektif.

“Tujuan pendidikan pembentukan ini agar calon para prajurit memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan menepati Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan bintara serta kondisi jasmani yang samapta”, jelas Pangdam II/Swj.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam II/Swj, Diktukba tahap I adalah untuk merubah sikap dan perilaku dari golongan tamtama menjadi bintara. Para tamtama yang semula berperan sebagai pelaksana teknis, setelah dididik dan digembleng menjadi bintara nantinya berperan sebagai tulang punggung dan unsur pelaksana satuan serta pemimpin setingkat regu.

“Belajar dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh di lembaga pendidikan ini, tidak ada hal yang sulit selama ada niat, kemauan dan tekad yang kuat untuk maju. Pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai arah, pedoman dan kode etik dalam bersikap, bertutur kata dan bertindak”, pesan Mayjen TNI Sudirman.

Melalui pendidikan pembentukan bintara tahap I ini nantinya para bintara siswa diharapkan menghayati dan mengimplementasikan integritas kepribadian sebagai bintara, mampu mengaplikasikan pengetahuan militer umum, hukum dan perundang-undangan, teknik dan taktik militer, kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan teritorial serta memelihara jasmani yang samapta untuk mendukung pelaksanaan tugas sebagai bintara TNI AD. (Pendam II/Swj)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bintara Sebagai Tulang Punggung Satuan TNI AD