TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0713/Brebes : Jauhi Narkoba dan Tetap Belajar

By 02 Jan 2017 15:56Kodam IV/Diponegoro
2-dpn-menwa

Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono menjadi narasumber dan memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Dasar Kepemimpinan kepada 20 orang Menwa (Resimen Mahasiswa) UPS (Universitas Pancasakti) Tegal. Kegiatan ini dilaksanakan di Makodim 0713/Brebes, Sabtu (31/12/2016).

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pemberian materi pembekalan. Inti dari  materi adalah Wawasan Nusantara, yang menjelaskan Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terbesar di dunia dengan keanekaragaman suku, etnis, agama, bahasa dan adat istiadat yang menjadi satu dalam wadah yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Disamping itu Indonesia dikaruniai Tuhan dengan sumber daya alam yang sangat melimpah karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa.Menjadikan Indonesia negara yang sangat subur, penghasil pangan dan sumber nabati. Membuat iri bangsa-bangsa lain di dunia untuk memperebutkan Indonesia. Kemudian prediksi dari para peneliti dunia bahwa pada tahun 2043 sumber daya alam terutama Minyak Bumi, Gas Alam, bahan tambang dan pangan di negara di luar Khatulistiwa akan habis. Maka Negara-negara di dunia tersebut akan berupaya menguasai Indonesia dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa sehingga bangsa ini akan lebih mudah diambil alih kekayaan alamnya.

Sebagai contoh yang konkrit yang pertama adalah negara-negara tersebut mendanai para kelompok teroris guna menimbulkan gangguan Kamtibmas dengan dalih “Jihad“. Tujuannya yaitu menimbulkan kegunjangan keamanan negara dan ekonomi sehingga Indonesia mudah dipecah belah. Tujuan akhirnya adalah menguasai Indonesia. Sedangkan contoh konkrit yang kedua adalah negara kita dijajah dengan menggunakan Narkoba. Tujuannya adalah merusak generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi penerus pemimpin bangsa. Hal ini berdampak pada Indonesia tidak mempunyai penerus yang berkualitas. Selanjutnya Dandim 0713/Brebes menekankan, “Jauhi Narkoba, Tetap Belajar, Belajar dan Belajar !!“.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari perserta kepada narasumber. Setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama.

Pada bagian lain, Perwira Seksi Personalia (Pasi Pers) Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Sakhwad juga memberikan informasi bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi Prajurit TNI AD dan Prajurit Kowad.

Usai Dandim memberikan pembekalan, Dandim mengajak para Menwa UPS Tegal dan pembinanya untuk pembinaan fisik lari siang dengan rute seputaran Makodim.

Setelah Ishoma (Istirahat Sholat dan Makan), dilanjutkan dengan pemberian materi kepemimpinan. Dari materi ini diharapkan berguna bagi para Menwa sebagai generasi penerus pemimpin bangsa.

Materi pembekalan terakhir yaitu latihan baris-berbaris. Materi ini berguna untuk menanamkan jiwa kedisiplinan.Materi baris-berbaris diberikan oleh Babinsa terbaik Kodim 0713/Brebes yaitu Serma Ismail Babinsa Koramil 12/Bantar Kawung.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut berjalan dalam keadaan tertib dan aman. (Kodim 0713/Brebes).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0713/Brebes : Jauhi Narkoba dan Tetap Belajar