TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 161/ Wira Sakti Yang Baru Disambut Adat Natoni

By 07 Jan 2017 14:46Kodam V/Brawijaya
8

Sebagai pejabat baru Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M. beserta isteri disambut dengan tradisi satuan bernuansa adat budaya Timor yang disebut Natomi. Penyambutan tersebut dilakukan sebelum Danrem memasuki pintu utama Makorem 161/Wira Sakti, Jumat (6/1).

Adat Natoni pada hakekatnya sebagai ungkapan pesan yang dinyatakan dalam bentuk syair-syair kiasan adat yang dituturkan secara lisan oleh seorang penutur yang disebut Atonis. Dimana Antonis ini ditemani oleh sekelompok orang sebagai pendamping atau pengikut yang disebut Na he’en.

Natomi biasanya digelar dalam rangka upacara adat seperti acara seremonial penyambutan dan pelepasan tamu.

Dalam kegiatan ini, Natomi dipadukan dengan tradisi satuan di lingkungan militer dengan maksud untuk melestarikan budaya tersebut.

Pada acara itu Danrem 161/Wira Sakti beserta isteri juga dikenakan Kain Adat Tenunan Khas Rote serta pemakaian Topi Ti’i Langga yang terbuat anyaman daun lontar.

Tidak ketinggalan, Para Kasi Korem, Dan/Kabalak Aju serta Pejabat Lama Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M. beserta isteri turut menyambutnya.

Sebagaimana diketahui bahwa jabatan Danrem 161/Wira Sakti telah diserahterimakan dalam suatu upacara militer yang di Aula Makodam IX/Udayana Denpasar, Bali, pada Rabu (4/1) pagi.

Upacara serah terima itu dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, MDA.
(Penrem 161/Wira Sakti)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Tips Kesehatan Dinas Penerangan
Sort by

Danrem 161/ Wira Sakti Yang Baru Disambut Adat Natoni