TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jaga Fungsi Hutan Untuk Hadapi Perubahan Iklim

By 04 Jan 2017 20:08Kodam Iskandar Muda
bra10-bibit

31.000 bibit pohon sengon diserahkan Dandim 1402/Polmas Letkol Kav. I Made Bagus Suraputra kepada masyarakat untuk penghijauan pasca kebakaran hutan tahun 2015 lalu di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (03/01/2017).

Dandim 1402/Polmas Letkol Kav. I Made Bagus Suraputra pada kegiatan tersebut mengatakan, pemberian bibit pohon sengon ini untuk merehabilitasi hutan dan lahan pasca kebakaran tahun 2015 lalu sehingga daya dukung, produktifitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan khususnya di Kecamatan Anreapi dapat terjaga.

“Kita tidak mengharapkan terjadi dampak sosial dan ekologis menurunnya kemampuan hutan dalam mendukung fungsi ekonomi serta menurunnya kualitas aliran sungai dan terjadi bencana alam berupa banjir, kekeringan dan tanah longsor diakibatkan Kerusakan sumberdaya hutan Anreapi ini”, ungkap Dandim.

Dandim mengatakan bahwa pemberian bibit pohon sengon kepada masyarakat untuk mengembalikan kondisi hutan agar mampu berfungsi secara optimal sekaligus untuk mengatasi perubahan iklim. Diharapkan kepada masyarakat agar bibit tersebut ditanam dan dipelihara sehingga hutan Anreapi dapat hijau kembali.

Pohon sengon yang diketahui memiliki nilai ekonomis jika sudah mencapai usia tertentu maka pemeliharaan sangatlah penting sebab perlakuan terhadap tanaman dan lingkungan dalam luasan dan kurun waktu tertentu agar tanaman tumbuh sehat dan berkualitas sesuai dengan standar yang ditentukan.

Kegiatan pemberian bibit sengon tersebut dihadiri Danramil 1402-01/Polewali Kapten Inf Abdul Halim, Sekretaris Desa Kunyi Nyonya Dahliah, anggota Koramil Polewali serta masyarakat Desa Kunyi. (Kodim 1402/Polmas)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jaga Fungsi Hutan Untuk Hadapi Perubahan Iklim